Melestarikan Musik Tradisonal Nusantara

Melestarikan Musik Tradisonal Nusantara

Di era globalisasi dimana musik dapat diproduksi dan didengarkan dari mana saja, seringkali musik tradisional jadi tertinggal dibanding musik-musik modern yang beredar. Sebagai warga negara Indonesia, penting bagi kita untuk ikut serta dalam melestarikan musik-musik tradisional Nusantara. Namun, seringkali kitapun kesulitan menemukan cara-cara yang dapat kita lakukan untuk melestarikan musik tradisional Nusantara ini. Maka dari itu, pada artikel ini, akan dibahasĀ  beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk ikut turut serta dalam pelestarian alat-alat musik tradisional Nusantara.

  1. Mengenal dan mencari tahu tentang alat-alat musk tradisional Nusantara

Sebelum kita melestarikan sesuatu, tentunya kita harus mengenal sesuatu yang ingin kita lestarikan tersebut. Oleh karena itu, cara pertama yang dapat kita lakukan untuk ikut serta melestarikan alat-alat musik tradisional Nusantara adalah mencari tahu dan mengenal alat-alat musik tradisional Nusantara itu sendiri. Hal ini dapat kita lakukan dengan mengunjungi museum budaya Indonesia, menonton video edukatif, mencari di internet, membaca buku, hingga mencari tahu secara langsung dari narasumber yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan mendalam tentang alat-alat musik tradisional Nusantara,

  1. Belajar memainkan alat-alat musik tradisional Nusantara dan Berpartisipasi dalam Pertunjukan

Cara kedua yang dapat kita lakukan untuk ikut melestarikan alat musik tradisional Nusantara tentunya adalah dengan belajar memainkan alat musik tersebut, dan bahkan berpartisipasi dalam pertunjukan musik dengan membawakan alat musik tersebut. Dengan begini, kita dapat memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang alat musik tersebut melalui praktek langsung. Kita dapat belajar melakukan hal ini dengan bergabung ke sanggar-sanggar musik tradisional, ataupun belajar secara otodidak dan menampilkan permainan alat musik tradisional kita ke social media ataupun secara live di festival musik ataupun konser musik sejenis.

  1. Membagikan pengetahuan tentang alat-alat musik tradisional Nusantara

Hal yang terakhir yang dapat kita lakukan untuk ikut melestarikan alat-alat tradisional Nusantara adalah dengan membagikan pengetahuan kita mengenai alat-alat musik tradisional tersebut. Cara ini adalah cara yang paling sederhana dan dapat dilakukan oleh semua orang tanpa perlu mengetahui skill musik dan tanpa perlu menjadi handal dalam memainkan alat musik tersebut. Kita dapat membagikan pengetahuan tentang alat-alat musik ini dengan mengunggah post dan/atau konten edukatif di media social, menulis artikel di blog, ataupun hanya dengan percakapan biasa. Dengan membagikan pengetahuan yang kita miliki tentang alat-alat musik tradisional ini, kita memperbanyak orang yang tahu tentang alat-alat musik ini dan nantinya bisa menjangkau masyarakat yang tertarik untuk mendalami dan ikut melestarikan alat-alat musik ini.

Cara-cara tersebut tentunya tidak akan berhasil jika tidak ada orang yang mau untuk melakukannya. Oleh karena itu, ayo kita sama-sama ikut serta melestarikan alat-alat musik tradisional Nusantara!

Reference :

  • https://kumparan.com/berita-update/3-upaya-agar-alat-musik-tradisional-indonesia-agar-tidak-punah-1wECQDB3rVl/full
  • https://jabar.tribunnews.com/2021/05/23/nasib-saung-angklung-udjo-tak-buka-saat-libur-lebaran-karena-khawatir-ramai-kini-diminta-tutup