Reviewing Music Instrument : Guitar

Kalian tentu tidak asing lagi dengan gitar, bukan? Alat musik satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kepopulerannya. Dari anak-anak sampai orang tua, laki-laki atau perempuan, berbagai kalangan di seluruh dunia tentu tahu soal gitar karena relatif mudah untuk dipelajari dan dapat mengiringi berbagai genre lagu.

Gitar adalah salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Jenis-jenis gitarpun saat ini cukup banyak, namun yang sering kita jumpai yaitu gitar akustik, gitar elektrik, dan gitar bass. Gitar akustik memiliki 2 tipe, yaitu steel-base string dan klasik. Perbedaan dari 2 tipe ini tidak terlalu signifikan, hanya gitar klasik memiliki ukuran badan yang lebih besar dan dimainkan menggunakan jari jemari karena senarnya berbahan nilon, sedangkan yang satunya dimainkan menggunakan plektrum karena senar yang terbuat dari baja.

Untuk gitar elektrik, gitar dihubungkan dengan amplifier menggunakan kabel jack untuk mendapatkan suara yang lebih kencang daripada gitar akustik biasa. Senar gitar elektrik juga lebih tipis dan bobotnya lebih berat daripada gitar akustik. Gitar elektrik dapat dimainkan menggunakan jemari ataupun plektrum

Gitar bass adalah salah satu tipe gitar yang unik karena ukuran senarnya yang lebih besar dan tebal sehingga menghasilkan suara yang lebih rendah dibandingkan dengan tipe gitar lainnya. Ukuran gitar ini juga lebih panjang dari gitar biasanya. Gitar bass ada yang memiliki 4 senar, 5 senar, dan 6 senar.

Selain jenis-jenis gitar yang disebutkan tadi, masih ada jenis lainnya seperti gitar dua belas senar, gitar archtop yang biasa digunakan untuk musik jazz, gitar doubleneck, gitar flamenco, dan lainnya.

Source: https://www.vebma.com/music/Macam-Macam-Gitar/14571

Theofila Zefanya Setyadewi