Tips Bermain Cajon

1.Carilah cajon yang tepat

Dimulai dengan memilh cajon yang tepat. Terdapat ratusan cajon di luar sana, sehingga terkadang bisa membuat kamu bingung dalam memilih cajon yang tepat. Semuanya kembali lagi tergantung dengan “budget” yang kamu miliki, karena pilihan harga dari cajon cukup beragam.

 

  1. Cari guru

Guru yang dimaksud tidak hanya guru privat, namun bisa juga belajar dari orang-orang yang ada di Youtube atau video platform lain. Informasi dan bahan-bahan pembelajaran yang dibutuhkan sudah sangat mudah diakses melalui internet. Berikut ini beberapa website yang bisa dijadikan referensi yaitu playcajon.org, cajonbox.com dan Ross McCallum’s Cajon Groove Guide.

 

  1. Postur

Dari bentuk dan cara memainkannya, sangat penting kamu duduk dengan posisi yang benar dan bermain tanpa melelahkan diri kamu. Pastikan kamu duduk dengan posisi punggung lurus, tidak membungkuk tapi santai. Kamu tidak perlu bermain lebih jauh dari 20 cm dari bagian depan cajon. Semua tone termasuk bass dapat dicapai di jarak tersebut.

 

  1. Pemanasan

Pemanasan merupakan hal yang sangat penting. Jika kamu tidak melakukan pemanasan, ada kemungkinan kamu mengalami cedera. Berikut ini beberapa teknik peregangan tangan dasar

 

  1. Tone

Pada awal latihan dengan cajon baru kamu harus fokus untuk menemukan tone dasar dari cajon kamu, yang utama adalah bass tone dan slap tone. Mid tone juga dapat dicapai dengan menggunakan ujung-ujung jari ketika kamu menaruh tangan kamu di lekukan ujung dari cajon.

 

  1. Gunakanlah metronome

Berlatih dengan menggunakan metronome dapat meningkatkan akurasi dalam tempo dan kecepatan.

 

  1. Membuat jadwal latihan

Kamu akan lebih cepat mahir jika melatih hal-hal dasar secara terus menerus setiap hari. Ketika kamu sudah menguasai teknik tersebut, belajar lagi teknik yang baru.

 

  1. Kembangkan kecepatan kamu

Luangkan waktu kamu untuk mengembangkan kecepatan kamu dengan cara yang benar, karena jika tidak maka permainanmu tidak menjadi cepat tapi malah terdengar ceroboh dan mengecewakan teman-teman band-mu. Berlatihlah dengan menaikkan kecepatan 5 BPM secara berkala dalam sekali latihan.

 

  1. Cari gaya-gaya baru

Drummer dan percussionist yang paling banyak dicari adalah yang bisa memainkan berbagai macam gaya. Dengan belajar beragam gaya bermain, kamu juga bisa mempelajari berbagai tradisi dan adat dari musik-musik negara lain.

 

  1. Bermain dengan orang lain

Salah satu hal yang penting bagi pemain musik adalah bermain dengan orang lain. Kamu akan belajar lebih cepat ketika kamu bisa membagikan ide kamu dan bermain dalam sebuah grup. Dan juga cara yang bagus untuk bersenang-senang dan membangun sebuah komunitas.

 

Selamat berlatih!

 

Tips diambil dari: http://playcajon.org/