Simak Tips Bermain Drum Ini Untuk Kamu yang Pemula

Belajar drum itu antara susah dan gampang, membutuhkan bakat, insting, kesabaran, dan latihan intensif. Belajar drum membutuhkan waktu yang lama, apalagi secara otodidak. Saya sendiri mulai belajar bermain drum sejak kelas 1 SMA, sempat punya band juga, dan sampai sekarang saya hanya bisa bermain drum itu-itu aja, karena saya jarang latihan. Kuncinya harus sesering mungkin latihan agar bisa benar-benar menguasai dan bisa menjadi drummer yang handal. Dan memainkan drum memiliki kesenangan tersendiri, karena biasanya pemain drum lah yang paling banyak bergerak, dan kedua tangan dan kedua kaki bermain disini. namun pemain drum jarang dikenal dalam sebuah band.

Berikut ini saya akan mengajarkan tutorial belajar drum untuk pemula atau bahkan belum pernah sama sekali bermain drum. Disini tidak perlu drum dulu, karena bagi pemula akan bingung jika langsung memainkan drum sungguhan. Yang anda butuhkan adalah dua buah stik, bisa stik drum atau dua buah pena, latihan nya cukup di tempat anda duduk sekarang ini.

Jika anda duduk di kursi, bayangkan anda sekarang sedang duduk di kursi sebuah drum. Stik atau pena sebelah kanan adalah yang biasa digunakan untuk menentukan ritme sebuah lagu, maka ketukkan stik kanan anda sambil menghitung 1, 2, 3, 4… 1, 2, 3 ,4…. dst saat anda menghitung tangan kanan mengikuti hitungannya.

Jika sudah teratur pada hitungan angka genap ketukkan stik yang ada di tangan kiri anda, lakukan terus menerus hingga ketukannya teratur. Jika sudah bisa teratur kita ke tahap selanjutnya yaitu menghentak kan kaki kanan anda pada hitungan angka ganjil, hentakan ini adalah untuk menginjak pedal di bass drum.

Lakukan berulang-ulang, dan hitungannya ditambah jadi 1 sampai 8, jika anda sudah tidak terbalik-balik lagi mulailah beri variasi, yaitu pada hitungan ke 3 dan ke 7 hentakkan kaki kanan dua kali, lakukan secara berulang-ulang.

1’   2   3”   4    5’   6    7”   8

1’   2    3”   4    5’   6    7”   8

  1.  Untuk yang saya tebalkan adalah kick drum, dan yang petik dua diinjak 2 kali.
  2.  Jika sudah benar-benar menguasainya, barulah lakukan latihan dengan menggunakan drum sungguhan.

Cara ini sudah saya ajarkan kepada beberapa teman saya, dan sebagian dari mereka cepat mengerti cara ini. Jika Anda berlatih pada drum sungguhan, saya sarankan agar tetap menghitung, ini bisa membuat ketukan Anda menjadi lebih teratur. Lakukan variasi-variasi ketukan agar permainan drum Anda menjadi lebih asyik dan enak didengar, tidak perlu lagu rock, atau heavy metal, lagu-lagu pop yang sering anda dengar sehingga anda cepat mengerti. Lagu-lagu rock, metal, hard core atau yang sejenis nya bisa Anda mainkan bila Anda memang sudah handal bermain drum.

Sumber referensi : https://fibrians26.wordpress.com/2015/03/24/cara-belajar-drum-otodidak-untuk-pemula/

Sumber foto: belajarmusiku.com

Alex Prabowo