Dampak Aplikasi TikTok Terhadap Industri Musik Indonesia

Seperti yang kita ketahui satu tahun belakangan penggemar apllikasi tiktok semakin digemari oleh orang-orang terlebih oleh kalangan muda. Terbukti hampir setiap smartphone yang dimiliki orang anak muda terdapat aplikasi TikTok didalamnya sehingga membuat aplikasi ini tidak asing lagi bagi kalangan anak muda. Aplikasi ini memiliki banyak manfaat untuk kita terutama untuk para musisi dikarenakan aplikasi ini dapat memilih lagu yang akan kita gunakan dalam video yang kita buat.

Dampak aplikasi TikTok terhadap musisi memang sangat signifikan dikarenakan pendapatkan para musisi menjadi melonjak dikarenakan sering digunakan dalam video yang dibuat didalam aplikasi yang berasak dari cina ini. Sehingga menarik para pendengar untuk memutar lagu-lagu yang sering digunakan dalam video, bahkan musisi yang asing ditelinga kita juga mendapatkan manfaat yang serupa dengan musisi yang sudah terkenal sebelum aplikasi ini digandrungi oleh anak muda. Kita bisa ketahui bahwa hampir semua kalangan anak muda mengetahui lagu yang ada di TikTok bahkan bisa dibilang terngiang-ngiang ditelinga.

Aplikasi TikTok juga memberikan fitur-fitur yang dapat mendorong kesempatan yang dapat mendorong inovasi. Mulai dari memanfaatkan lagu baru untuk dijadikan tantangan, menggunakan fitur duet untuk berkolaborasi, dan menggunakan fitur live streaming untuk terhubung dengan pengguna lain. Aplikasi ini bisa dibilang untuk menampilkan bakat para kreator dan musisi sehingga bisa menarik minat label dan produser, TikTok juga menjadi batu loncatan untuk para musisi di belahan dunia ini, termasuk Indonesia.

Sumber :

https://www.industry.co.id/read/76470/tiktok-dukung-sektor-perkembangan-musik-indonesia

https://mediaindonesia.com/weekend/372795/begini-efek-dahsyat-tiktok-bagi-musisi