Gimana sih supaya lancar bermain Piano? Ini tips dan trik seputar tekniknya!

Halo! Saya Didiet dari UKM Band Binus dan saya mau berbagi pengalaman tentang bermain Piano. Saya sudah belajar tentang per-piano-an sejak masih di bangku Sekolah Dasar. Awalnya sejak kelas 2 sampai kelas 3 saya belajar bermain Keyboard. Keyboard merupakan suatu alat musik yang tombol “tuts” nya jauh lebih ringan dari Piano pada umumnya sehingga itu mempengaruhi teknik bermain Piano. Kemudian setelah beranjak menjadi kelas 6 saya masuk ke sebuah tempat kursus musik di Batam yang mana saya belajar hingga kelas 1 SMA, ya sekitar 8 tahun sudah saya belajar tentang dunia per-piano-an. Saat itu saya belajar Piano klasik, yang dikenal dengan teknik membaca not balok nya serta permainan piano dengan tangan yang seolah berlari-lari kesana kemari.

Meski sampai saat ini saya masih belajar untuk terus meningkatkan kemampuan bermain piano saya, saya juga ingin berbagi kepada para pembaca tentang bagaimana kita dapat lancar bermain piano.

Tips dan Trik nya sebagai berikut :

  1. Posisi Duduk

Posisi kita duduk juga mempengaruhi cara bermain Piano, ada yang duduk tegak, ada yang membungkuk, ada pula yang posisi badan dengan piano nya cukup jauh. Tapi utamanya, duduk se-nyaman mungkin agar tubuh tidak cepat lelah ataupun terasa pegal-pegal saat dan setelah bermain Piano.

2. Posisi Tangan saat Bermain Piano

Ini sangat mempengaruhi seberapa baik teknik yang kita kuasai. Piano ketika ditekan tutsnya dapat mengeluarkan bunyi yang keras ataupun pelan dikarenakan sifat alami Piano itu sendiri (terlepas dari Keyboard atau Elektrik Piano). Jari-jari tangan harus lah merasa nyaman tetapi bukan berarti lemas atau lunglai. Tangan tidak boleh terlalu rapat atau terlalu tegang, sehingga ini dapat menyulitkan ketika kita “Scale” atau “Finger Practice” yang biasa dilakukan dengan menekan tuts do-re-mi-fa-sol-la-ti-do dengan jari yang teratur yaitu tidak asal menekan sesukanya.

3. Posisi Lengan saat Bermain Piano

Yang satu ini sangat unik, ketika saya masih duduk di bangku SD saya sangat sering bermain piano dengan posisi lengan tangan (Pergelangan tangan sampai ke siku) terlalu tinggi karena pada waktu itu jari-jari tangan saya masih terlalu kecil sehingga perlu penekanan yang ekstra. Tahu kah kamu kalau posisi pergelangan tangan dapat mempengaruhi suara Piano yang kamu berikan serta dapat memperlambat gerakan tangan? ya benar karena Piano menekankan kepada peran aktif jari-jari tangan bukan lengan sehingga jika lengan terlalu berperan maka jatuhnya kamu nanti kesulitan untuk belajar teknik yang bermain dengan cepat.

4. Belajar membaca Not Balok gaboleh males-malesan

Ini unik, sebenernya pilihan masing-masing orang untuk memahami not balok. Kamu tahu kalau penelitian menunjukkan musik klasik dapat merangsang kreatifitas otak kita? Ya karena ketika kita memahami not balok maka kita memahami lagu apa yang tersirat didalamnya dan kamu bisa merasakan nya melalui bunyi yang kamu mainkan. Not balok ini melatih kamu supaya fokus dan seimbang, maksudnya adalah ketika kamu membaca not balok, tangan kamu akan mengikuti arahan kamu untuk menekan tuts yang mana sesuai dengan rangkaian not balok yang kamu baca.

 5. Kamu harus Cari Pianis atau Musisi Idola kamu


Dengan mengaggumi maka kita akan simpatik terhadap tekniknya atau kelihaian nya bermain piano. Kamu akan termotivasi supaya terus berkembang dan mempelajari segala hal tentang Piano. Cara ini dinilai cukup efektif karena ketika kita simpatik pada seseorang umumnya kita akan belajar menirunya hingga kita dapat melakukan apa yang dia lakukan khususnya dalam hal positif bermain Piano. Sebagai contohnya, musisi klasik yaitu Richard Clayderman, atau musisi modern seperti Lang-Lang atau David Foster, masih banyak lagi!

 6. Kamu mesti memahami jenis-jenis aliran Musik

Britain’s musician Elton John, center, performs during a concert at the Mayan ruins of Chichen Itza, Mexico, Saturday, April 3, 2010. Chichen Itza was named one of “New Seven Wonders of the World” in 2007. (AP Photo/Israel Leal)

Dengan kamu memilih aliran musik, kamu akan dapat lebih mudah untuk mempelajari teknik bermain piano sesuai dengan aliran musik yang kamu sukai. Tentunya ini sangat berguna ketika kamu akan melakukan impruvisasi teknik ataupun cara bermain kamu sesuai dengan aliran musik yang paling kamu sukai dan kamu sangat suka menikmatinya.

 7. Mulai lah dari hal kecil dan sederhana

Ini poin terakhir, dimana kuncinya adalah kesabaran dan ketekunan dalam belajar bermain Piano. Mulailah dengan lagu-lagu yang mudah, berlatih setiap hari atau setiap minggu nya untuk “Scale” melakukan “Senam Jari” di Piano kamu. Mulailah dari tempo yang pelan, sehingga ketepatan penekanan tuts serta bunyi yang dihasilkan akan indah dan berkualitas. Mulai dengan menggunakan “Metronome” seperti alat pengatur ketukkan agar memudahkan kamu untuk bermain secara teratur mengikuti tempo, dan mengefektifkan semua teknik yang telah kamu kuasai.

 

Itulah ke 7 tips dan trik yang saya ingin bagikan kepada para pembaca sekalian. Semoga kalian dapat belajar Piano dengan lancar dan membuahkan hasil maksimal ya!

 

Refrensi Pendukung :

http://www.rumahpiano.com/cara-main-piano/ 

 

Mochamad Dietrich M