(HELLOSEHAT.COM) Manfaat Dari Bermain Alat Musik Instrumental Yang Kamu Harus Tahu

  1. Meningkatkan Koordinasi

    Musisi biasanya memiliki koordinasi yang bagus. Tindakan bermain instrumen mengharuskan Anda untuk memiliki koordinasi antara tangan dan mata yang tajam. Hal ini bahkan menguntungkan Anda dalam bermain basket, atau olahraga apapun yang me
    mbutuhkan koordinasi tangan dan mata yang baik. 

   2. Mengatur Suasana Hati


Bermain musik dengan kecepatan yang berbeda dapat lebih mempromosikan manfaat ini. Selain itu, kegiatan ini juga dapat bertindak sebagai pelampiasan emosi. Menciptakan musik Anda sendiri memungkinkan Anda untuk mengekspresikan kesedihan, sukacita, atau ketegangan sebagai sebuah karya seni.

  3. Meningkatkan Sistem Pernapasan


Ini berlaku untuk alat musik instrumen yang ditiup, seperti seruling, klarinet, dan lain-lain. Hal yang pertama kali harus Anda ketahui adalah cara melakukan pernapasan dengan benar. Instrumen ini bergantung dengan getaran udara yang dibuat oleh musisi. Ini berarti bernapas dengan efektif dan efisien merupakan sifat kedua dari musisi.

 

 

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Ada banyak unsur musik yang tidak boleh diabaikan saat bermain alat musik. Sebagai seorang musisi, Anda harus mampu untuk mendengarkan beat, ritme, tekstur, timbre, dan sebagainya. Satu-satunya hal yang lebih bermanfaat daripada mendengarkan suara musik Anda sendiri adalah mendengarkan suara musik dalam kelompok. Berada di dalam kelompok dapat meningkatkan keterampilan konsentrasi, dengan membuat Anda fokus pada harmoni kelompok secara keseluruhan.

 

  1. Membantu Pengobatan Alzheimer

    Stimulasi mental yang terlibat dalam bermain dan mendengarkan musik dapat mempromosikan memori yang lebih baik pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien Alzheimer, disimpulkan bahwa memori musik dapat diserap jauh lebih baik daripada kata yang diucapkan. Hal ini terutama disebabkan oleh gairah tinggi yang dibentuk musik, sehingga itu dapat meningkatkan perhatian dan memori.

Oleh : Rakha Putra Wijaya (PDL)

Situs : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-kesehatan-bermain-alat-musik/

Adinda Rudystina