Cara Mengganti Senar Gitar Akustik

Mengganti senar gitar bukanlah hal yang sulit, namun bagi gitaris pemula mungkin hal ini akan lumayan menyulitkan. Terlepas dari tingkat kesulitannya, kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang gitaris. Artikel ini akan mengajarkan cara mengganti senar gitar akustik, namun dapat juga dilakukan pada gitar elektrik untuk beberapa bagiannya.

Metode 1 dari 2

1. Putuskan mengganti senar. Anda dapat mengganti senar secara keseluruhan atau hanya beberapa senar saja tergantung kebutuhan Anda.

  • Mengganti satu atau beberapa senar saja akan membuat neck gitar Anda tetap tegang.1
  • Mengganti seluruh senar akan memudahkan Anda untuk membersihkan gitar secara keseluruhan. Bagian neck merupakan bagian yang sering terjadi kontak dengan jari Anda sehingga akan banyak terdapat kotoran disana.2

3

2. Cabut senar dari gitar. Kendurkan senar dengan memutar alat pemutar yang terdapat pada bagian headstock (kepala). Kendurkan hingga benar-benar kendur sehingga Anda dapat dengan mudah mencabut pin pada bridge.

  • Anda juga bisa menggunakan String Winder atau alat untuk membantu memutar alat pemutar pada gitar Anda untuk memudahkan pekerjaan Anda mengganti senar.4

3. Cabut semua pin pada bridge. Cabut semua pin pada bridge saat semua senar telah kendur. Anda mungkin akan merasa kesulitan saat melakukan hal ini karena biasanya pin ini begitu keras, sehingga mungkin Anda memerlukan alat lain untuk membantu Anda mencabut pin tersebut.

  • Anda dapat juga mencabut pin dengan cara mendorongnya dari dalam. Masukan tangan Anda pada lubang gitar Anda lalu gunakan benda keras seperti koin untuk membantu Anda mendorong pin agar bisa terlepas dari bagian bridge.5

6

4. Lepaskan senar dari lubang bridge satu per satu.7

5. Bersihkan gitar Anda. Setelah semua senar tercabut. Anda dapat membersihkan seluruh bagian gitar Anda. Anda dapat menggunakan cairan pembersih yang banyak di jual di toko-toko musik. Jangan gunakan cairan pembersih biasa karena akan merusak gitar Anda. untuk lebih mudahnya, gunakan kain lap yang telah dibasahi sedikit untuk membersihkan gitar Anda.

  • Jika Anda menggunakan air untuk membersihkan gitar, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak air karena dapat merusak kayu pada gitar akustik Anda.

Metode 2 dari 2

Mengganti senar gitar anda8

1. Siapkan senar baru. Siapkan senar baru yang akan Anda gunakan pada gitar Anda.9

2. Pilih senar mana yang akan dipasang terlebih dahulu. Tidak ada metode khusus untuk bagian ini, Anda dapat mengganti senar dari mulai senar bawah lalu berurut hingga keatas atau sebaliknya.

  • Metode yang paling banyak digunakan gitaris saat memasang senar adalah dengan urutan 1, 6, 2, 5, 3, 4. Dimana saat Anda memasang senar paling bawah yaitu senar nomer 1 maka Anda kemudian memasang senar paling atas yaitu nomer 6, kemudian seterusnya sesuai urutan tadi. Hal ini akan menjaga keseimbangan neck gitar Anda saat Anda mengencangkan senar.10

3. Masukan senar pada lubang bridge lalu pasang kembali pin. Anda harus melakukan hal ini sembari menarik senar untuk memastikan senar terpasang dan tertahan sempurna oleh pin pada bagian bridge gitar Anda.11

4. Kencangkan senar. Setelah senar terpasang sempurna, kencangkan senar dengan memutar alat pemutar pada bagian headstock. Namun Anda tidak boleh terlalu mengencangkan senar Anda.12

5. Rapihkan sisa ujung senar. Setelah senar terpasang dengan baik dan juga telah Anda kencangkan, mungkin akan ada sedikit sisa senar pada bagian headstock gitar Anda. Anda dapat merapihkannya dengan cara memasukannya kedalam lubang pada alat pemutar pada headstock.

  • Mungkin ini akan memakan waktu Anda, untuk itu Anda juga dapat memotong ujung senar yang tersisa pada bagian headstock gitar Anda.13

6. Kencangkan senar kembali. Setelah semua selesai, kencangkan senar kembali hingga agak kencang pada bagian ini. Kencangkan senar dengan cara memegang gitar seolah Anda ingin memainkannya.

  • Jangan terlalu mengencangkan senar. Kencangkan hingga pada dua nada dibawah nada senar tersebut.17

147. Ulangi proses yang sama untuk setiap senar gitar Anda.

158. Tuning gitar Anda. setelah semua senar terpasang dengan sempurna, Anda bisa mentuning atau mengatur nada gitar Anda sesuai nada pada masing-masing senar.

169. Gunakan alat pemotong kawat untuk memotong sisa senar. Jika Anda menggunakan senar nilon, Anda mungkin harus memotong sisa senar yang telah terpasang pada bagian bridge. Namun Anda tidak boleh memotongnya hingga habis karena akan melonggarkan senar nantinya. Sisakanlah senar sekitar 1/8 inci (1/2 sentimeter).

Saran:

  • Setelah Anda mengganti senar gitar Anda, mungkin Anda harus mengatur nadanya dengan sering.
  • Cara lain untuk mencabut pin dari bridge adalah dengan menggunakan tali sepatu. Ikat pin dengan menggunakan tali sepatu lalu tarik dengan sekuat tenaga Anda.
  • Jangan terburu-buru saat Anda memotong sisa senar pada bagian headstock karena dapat melukai tangan Anda.
  • Jika pin pada bridge terlalu sulit untuk dicabut, Anda dapat menutupinya dengan kain lalu gunakan tang untuk membantu melepaskannya. Kain berguna untuk menghindari gitar Anda dari kerusakan akibat pemakaian tang.
  • Cara lainnya untuk mencabut pin pada bridge gitar Anda yaitu dengan menggunakan bantuan sendok kecil (sendok teh). Masukan ujung sendok pada pin lalu tekan dengan perlahan hingga pin tercabut dari bagian bridge gitar Anda.

Alat yang dibutuhkan

  • Pemotong kawat
  • Kain lap
  • Senar gitar
  • Alat pemutar
  • Sebuah gitar

Sumber : http://id.wikihow.com/Mengganti-Senar-Gitar-Akustik