Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia


Perkembangan permainan bulu tangkis menyebar sangat luas hingga menjadikannya sebagai salah satu cabang olahraga terfavorit di Indonesia. Sangat banyak atlet-atlet luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia mengharumkan nama bangsa melalui badminton. Tak jarang juga mereka membawa pulang piala kejuaraan maupun medali emas melalui turnamen-turnamen di kancah internasional. Namun dibalik kesuksesan Indonesia dalam bidang olahraga, bagaimanakah sejarah bulu tangkis di Indonesia?

Sejarah Bulu Tangkis
Badminton mulai memasuki Indonesia pada Tahun 1930. Awal mulanya terjadi ketika Malaysia dan Singapura yang merupakan jajahan Inggris melakukan penyusupan ke Indonesia bagian barat. Hingga Tahun 1933, mulai terbentuk komunitas badminton di Batavia (sekarang Jakarta) yang bernama Bataviase Badminton Bond dan Bataviase Badminton League yang kemudian disatukan dengan nama Bataviase Badminton Unie. Hingga saat itu, kejuaraan-kejuaraan badminton semakin banyak di gelar terkhususnya di Bandung, Jawa Barat dan menjadi pemicu banyaknya terbentuk perkumpulan badminton yang baru.

Ketika Jepang menduduki Indonesia pada 1942, suasana anti-barat dibuat oleh Jepang, sehingga pengusulan perubahan nama badminton terjadi karena dianggap nama tersebut asing untuk Indonesia. Kemudian RMS Tri Tjondrokusumo mengusulkan nama bulu tangkis yang kemudian diterima oleh seluruh masyarakat.

Dengan mulai bermunculan banyak komunitas bulu tangkis, diadakan pertemuan antar tokoh bulu tangkis se-Indonesia untuk menjamin bahwa perkembangan bulu tangkis bergerak ke arah yang sama. Kongres tersebut berlangsung dari 4-6 Mei 1951 di Bandung, Jawa Barat. Melalui kongres tersebut, lahirlah badan bulu tangkis tingkat nasional yang bernama PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia).

PBSI kemudian melanjutkan diskusi mengenai peraturan-peraturan dan tujuan bulu tangkis di Indonesia. Induk resmi tersebut kemudian mendaftar sebagai anggota BWF (Badminton World Federation) pada Tahun 1953.

Dengan perkembangannya dan minat masyarakat yang besar terhadap bulu tangkis, pada Tahun 1982 pertama kali Indonesia mengadakan turnamen bulu tangkis dalam ranah internasional yang bernama Indonesia Open dan turnamen tersebut berlangsung hingga saat ini.

Referensi:
Adryamarthanino, V. Senin, 14 November 2022. “Sejarah Badminton Indonesia.” Terdapat pada link:
https://www.kompas.com/stori/read/2022/11/14/150000179/sejarah-badminton-di-indonesia

Warsito, A. Kamis, 15 Desember 2022. “Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia Beserta Teknik dan Peraturannya.” Terdapat pada link:
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/12/15/sejarah-bulu-tangkis-di-indonesia-beserta-teknik-dan-peraturannya