Evolusi Raket Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan permainan raket dimana pemainnya mampu agar shuttlecock tidak menyentuh tanah. Bulutangkis telah ada sejak 2000 tahun yang lalu, namun tentu saja awal permainannya masih jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan saat ini.

Awal mulanya di China permainan bulutangkis menggunakan kok tanpa raket. Para pemain akan saling mengoper kok menggunakan kaki dan akan berusaha agar kok tidak menyentuh tanah. Sementara di Inggris pada abad pertengahan, anak-anak menggunakan dayung atau tongkat untuk mengoper bola di udara. Inggris kemudian membawa permainan ini ketika mengkolonisasi Asia yang kemudian menjadi permainan untuk anak-anak setempat.

Frame Raket
Pada tahun 1960-an, raket bulutangkis di buat menggunakan kayu dan menggunakan logam sebagai bingkainya sehingga pemain akan lebih mampu untuk mengendalikan bola. Lalu inovasi baru muncul demi menghasilkan raket dengan harga yang lebih terjangkau, maka frame raket diubah menjadi aluminium. Pada saat itu mulai bermunculan jenis raket dengan gaya yang lebih banyak dan pemain mampu untuk menemukan gaya masing-masing dalam bermain.

Pada tahun 1970-an komposisi menggunakan komposit karbon menjadi populer dikarenakan bahannya yang lebih ringan namun sayangnya cepat rusak. Kemudian para produsen mulai bereksperimen dengan banyak bahan dan menemukan campuran antara titanium dengan bahan grafit yang ringan dan memiliki kekuatan terbaik.

Senar Raket
Pada awalnya, usus alami hewan digunakan untuk pembuatan senar raket. Namun, telah banyak produsen yang menggunakan bahan sintetis nilon sebagai komposisi utamanya untuk meningkatkan ketegangan senar sekaligus mampu menyaingi senar alami dari usus hewan yang harganya lebih mahal.

Pegangan Raket
Penggunaan bahan untuk pegangan raket juga telah menggunakan bahan yang sintesis. Pada saat ini pegangan dengan tekstur handuk dan Polyurethane merupakan yang populer di kalangan pemain karena kualitasnya yang mampu agar pemain tidak kehilangan pegangan pada raket.

Melihat raket saat ini, bisa dikatakan bahwa perkembangannya nyaris sempurna. Namun tentu saja, seiring dengan berjalannya waktu akan diadakan perubahan-perubahan untuk menyesuaikan agar pemain mampu untuk bermain dengan nyaman.

Referensi:
Nugroho, F. T. 13 Februari 2023. “Pengertian dan Sejarah Permainan Bulu Tangkis”. Terdapat pada link:
https://www.bola.com/ragam/read/5205291/pengertian-dan-sejarah-permainan-bulu-tangkis

Anonim. 2023. “Sejarah Raket Bulutangkis”. KabarSport. Terdapat pada link:
http://www.kabarsport.com/2015/09/sejarah-raket-bulutangkis-badminton.html