Kenapa Namanya Piala Surdiman ?

Kenapa Namanya Piala Surdiman ?

 

Perhelatan piala sudirman tahun 2019 telah di mulai di Nanning China 19-26 mei, pada pertandingan beregu antar Negara ini Indonesia  menurunkan pemain pemain andalanya khususnya diganda putra, tapi kalian tau gaksih  sejarah kenapa sih namanya Piala Sudirman mari kita bahas ..

Nama Sudirman bukan lah dari pahlawan perjuangan Indonesia yaitu jendral Sudirman , melainkan nama tersebut  berasal dari  tokoh pembulutangkisan Indonesia yaitu Dick Sudirman ia merupakan pembulutangkis sekaligus mantan ketua PBSI pada saat itu mengapa beliau begitu dihormati kerena pada zamannya Sudirman menjadi jembatan untuk menggabungkan dua organisasi bulutangkis dunia, International Badminton Federation (IBF) dengan World Badminton Federation (WBF). Pada 1981, kedua organisasi itu bisa disatukan menjadi BWF hingga saat ini.

Trofi Piala Sudirman yang berbentuk sangat unik dengan corak khas Indonesia tersebut dirancang oleh Rusnadi dari Fakultas Seni Rupa ITB dan terdiri dari lima bagian. Memiliki tinggi 80 cm, di bagian puncak piala tersebut terdapat ukiran replika Candi Borobudur yang terbuat dari perak dan dibalut oleh emas 22 karat. Lalu, badan piala berbentuk shuttlecock (bola bulutangkis) yang juga berlapiskan emas 22 karat dengan berat 600 gram. Sementara pegangan piala berbentuk benang sari. Bagian keempat berbentuk daun sirih yang merupakan ornamen ucapan selamat datang, dari segi trofi Indonesia bangetkan hehe.

Piala Sudirman ini tak menghadiahkan sejumlah uangloh melainkan para pemain bertanding untuk membela Negara dan memperoleh poin BWF. Pertandingan seperti Uber cup Thomas Cup dan Sudirman Cup yang nama-nama tersebut di ambil dari orang-orang penting dan berjasa dalam dunia bulutangkis.