Bulu Tangkis Sebagai Seni

Seni merupakan hasil karya manusia yang mencakup unsur keindahan dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perasaan orang lain. Namun apakah bulu tangkis termasuk sebagai seni yang diciptakan oleh manusia?

Seperti yang diketahui, dalam permainan bulu tangkis melibatkan unsur-unsur estetika, ekspresi, maupun kreativitas. Sehingga bulu tangkis berpotensi untuk dianggap sebagai seni. Berikut adalah aspek seni dari bulu tangkis:

1. Sinkronasi dan koordinasi
Permainan bulu tangkis membutuhkan partner bermain, baik dari lawan bermain maupun partner tim dalam pertandingan ganda. Kunci keberhasilan dalam memenangkan pertandingan merupakan koordinasi yang baik antara dua pemain. Dengan komunikasi yang tepat, kekompakan yang harmonis, maupun perpaduan gerakan antar dua pemain akan menciptakan keindahan melalui sinkronasi seolah menari bersama di lapangan.

2. Strategi
Taktik maupun strategi dalam bermain bulu tangkis tidak dapat dipandang remeh. Meskipun terlihat menyenangkan untuk dimainkan, pemain harus berpikir dengan cepat, mengamati setiap pergerakan lawan dan menganalisis, lalu mempersiapkan langkah selanjutnya untuk menciptakan kesempatan menguntungkan. Pemain bulu tangkis akan merancangkan setiap pergerakannya demi menciptakan peta permainan untuk mencapai kemenangan.

3. Keindahan gerakan melalui teknik
Pemain bulu tangkis harus menguasai banyak teknik dengan keahlian tinggi seperti drop shot, net shot, clear, maupun smash. Dimana dalam penerapannya perlu melibatkan keanggunan, ketepatan teknis, maupun kehalusan yang dimana setiap gerakan akan menghasilkan keindahan dan estetika tersendiri.

4. Emosi
Dalam pertandingan antar manusia tentu saja akan menggunakan drama dan emosi. Pemain akan mengekspresikan setiap perasaan mereka selama pertandingan, ketika bergembira, kecewa, frustasi, dan juga keberhasilan. Kekuatan yang dihasilkan melalui perasaan emosional ini akan menarik para penonton untuk ikut merasakan emosi para pemain.

5. Seni dalam raket dan pakaian
Raket dan pakaian yang digunakan oleh para pemain juga merupakan sebuah seni. Dengan desain raket berwarna yang kreatif, hingga pakaian berpola-pola akan menambahkan estetika dalam permainan. Seringkali pemain akan tersoroti penonton melalui gaya maupun ekspresi kepribadian melalui performanya di lapangan.

Bulu tangkis menjadi permainan yang mengungkapkan diri dan juga menyuguhkan keindahan melalui setiap pergerakan para pemain dalam menyusun taktik. Sehingga hal tersebut tidak menjadikan bulu tangkis hanya sekedar bermain untuk mencetak poin maupun mencapai kemenangan. Sehingga tidak mengherankan jika bulu tangkis merupakan sebuah seni yang dinikmati banyak orang maupun kalangan

Referensi:
Pratama, B. P. Kamis, 22 November 2022. “Pengertian Seni”. Terdapat pada link:
https://bagasputra.web.ugm.ac.id/2018/11/22/pengertian-seni/

Slamet, S. “Olahraga Seni dan Estetika”. Terdapat pada link:
http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/197603082005011-SUHERMAN_SLAMET/Or_seni%2C_Estetika.pdf