Inovasi Teknologi Hawkeye

Dalam era teknologi modern, olahraga tidak lepas dari pengaruh inovasi. Salah satu inovasi terpenting dalam bulu tangkis adalah penggunaan sistem Hawkeye. Hawk-Eye dalam bahasa Indonesia berarti ‘mata elang’ merupakan sistem perangkat kamera yang dapat melacak lintasan bola, atau shuttlecock dalam permainan bulu tangkis. Hawk-Eye ini dapat mengamati lebih akurat.

Cara kerjanya yaitu gambar visual dan data waktu yang disediakan oleh sejumlah kamera video berkecepatan tinggi yang terletak di lokasi dan sudut yang berbeda di sekitar area permainan. Kamera tersebut dapat merekam lintasan pergerakan bola dengan akurat dalam kecepatan yang tinggi, kemudian perangkat lunaknya menganalisa posisi bola dan memprediksi bola tersebut. Sistem Hawk-Eye akan memproses setiap piksel dari frame yang dikumpulkan oleh setiap kamera untuk mendeteksi keberadaan shuttlecock.

Penggunaan Hawk-Eye pun mendatangkan dampak positif. Dampak positifnya seperti mengurangi kesalahan penilaian hakim pertandingan dan juga mengurangi ketidakadilan dalam menilai pertandingan.

Penggunaan teknologi Hawkeye dalam bulu tangkis telah membawa dampak positif terhadap presisi keputusan dan keadilan pertandingan. Perkembangan teknologi pun dapat mendukung bulu tangkis dapat terus maju menuju era yang lebih modern dan adil.

Sumber :
– Willy Dinata, 19 Februari 2022, “Cara Kerjanya dalam Bulu Tangkis”. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/02/19/mengenal-teknologi-hawk-eye-dan-cara-kerjanya-dalam-bulu-tangkis

– Hikvision. “Mengenal Teknologi Hawkeye dalam Bulutangkis”. https://www.hikvisionindonesia.co.id/artikel/mengenal-teknologi-hawkeye-dalam-bulutangkis/