TIPS MEMANFAATKAN PLATFORM DIGITAL UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS

Platform Bisnis Digital menciptakan kemampuan bisnis digital baru dengan menggabungkan kembali teknologi yang ada. Pastinya di zaman yang serba digital ini hampir semua orang dituntut agar mampu memanfaatkan platform digital karena dapat dikatakan bahwa platform digital dapat membantu kehidupan masyarakat salah satunya adalah untuk menunjang bisnis.

Dalam istilah perusahaan bisnis, platform digital dapat dianggap sebagai jumlah total tempat pertukaran informasi, barang, atau jasa yang terjadi antara produsen dan konsumen serta komunitas yang berinteraksi dengan platform tersebut.

Sumber: Tias.edu

Saat ini digitalisasi khususnya platform digital semakin berdampak dan membawa kebaikan, yaitu membuka lapangan pekerjaan, peluang bisnis yang semakin hari semakin bertambah banyak, serta produktivitas yang berhasil meningkatkan ekonomi di Indonesia.

Untuk memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan bisnis ini tidaklah sulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan platform tersebut:

  • Mempelajari Teknik Digital Marketing

Sebelum kita memulai bisnis tentu kita harus memahami mengenai cara pemasaran online dan bagaimana cara kerjanya. Dengan mengetahuinya tentu akan memiliki benefit tersendiri yaitu dapat memenuhi permintaan customer di kedepannya saat bisnis kita mulai berjalan.

  • Mempromosikan Bisnis

Di Dalam menggunakan platform bisnis yang ada tidak cukup jika hanya memahami teknik dari digital marketing itu sendiri namun juga harus diimbangi dengan promosi bisnis yang ada, yang tentu akan memancing para customer untuk mereview atau bahkan merekomendasikan produk/jasa yang anda tawarkan kepada orang lain yang membutuhkan. Sebagai tips, anda harus memberikan penawaran yang menarik untuk pelanggan pertama dan juga service yang paling optimal.

  • Mencantumkan rate harga yang kompetitif

Tentu rate harga akan sangat berpengaruh dimata customer. Untuk menentukan rate harga yang pas diperlukan riset mendalam mengenai harga dan paket-paket yang akan anda tawarkan nantinya. Hal ini diperlukan dikarenakan dengan rate harga yang tinggi, anda akan kesusahan menarik pelanggan begitu juga sebaliknya jika terlalu rendah akan terkesan mencurigakan.

  • Selalu Update mengenai algoritma dari platform itu sendiri

Setiap platform tentu memiliki algoritma dan sistem yang berbeda-beda dan bahkan cenderung terus berganti dari waktu ke waktu. Tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap cara pemasaran kita ke customer, oleh karena itu diperlukan riset mengenai platform yang digunakan dan tentunya menganalisisnya sehingga anda dapat menghasilkan hasil yang maksimal

Dengan memanfaat platfrom digital, kita bisa mendapat kelebihan lainnya yakni naiknya keuntungan perusahaan. Berdasarkan laporan riset dari SAP Center for Business Insight dan Oxford Economics menemukan bahwa 80% organisasi yang melakukan transformasi digital akan mengalami peningkatan profit, dam 85% responden mengatakan mereka setidaknya mendapatkan peningkatan pangsa pasar. Terlepas dari ukuran bisnis kita saat ini, platform digital dapat membantu kita terhubung lebih baik dengan audiesn kita, menjangkau calon pelanggan baru, dan meningkatkan kesadaran kita akan merek kita. 

 

Referensi: 

https://www.soltius.co.id/id/blog/Produk-Digital-Platform-yang-Dapat-Menunjang-Bisnis

https://store.sirclo.com/blog/jenis-digital-platform/

https://www.dreambox.id/blog/digital-marketing/cara-mengembangkan-bisnis-digital-marketing/ 

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-bersaing-di-era-digital/ 

 

Dibuat oleh: 

  1. Juan Clement Tengono – Entrepreneurship – ALS
  2. Mike Emanue Kusnandar – Entrepreneurship – ALS
  3. Sefanur Lisfahanny – Entrepreneurship – ALS