Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Sebelum mengetahui tentang bisnis online, kita mengetahui arti tentang bisnis. Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan organisasi yang menciptakan produk barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Bisnis masuk dalam dunia perdagangan. Ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Menurut para ahli Raymond E. Glosh di tahun 2011, bisnis adalah perusahaan, yaitu organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan jasa bagi pemuasan kebutuhan konsumen, serta diharapkan akan memperoleh laba bagi pemiliknya. 

Tujuan berbisnis adalah memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat melalui pengadaan produk atau jasa, pertumbuhan dan perkembangan usaha secara kontinu, mengatasi risiko yang akan timbul contohnya mengalihkan risiko ke lembaga asuransi, penyimpanan surat berharga melalui jasa perbankan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial, membuka lapangan pekerjaan, mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi dan memperlihatkan serta menjaga eksistensi perusahaan dalam jangka waktu panjang. 

Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui internet. Ketika kita mau menjual bisnis, kita bisa melakukan secara online. Maka itu, Anda tidak perlu membuka toko atau ruko ketika mempunyai bisnis online di media sosial atau di website. Bisnis di media sosial bisa menggunakan lewat fitur melacak performa bisnis, melihat demografi pembeli dan lainnya. Lainnya adalah website, website bisa melakukan transaksi, menghubungi penjual. Mulai branding, pemasaran lebih luas, kebebasan desain dan sebagainya bisa dilakukan dengan website. Bisnis online di marketplace yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli bertransaksi online dengan kata lain pasar online, seperti Tokopedia, Bukalapak dan Blibli.


Manfaat menggunakan bisnis online ada banyak bisa hemat biaya. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuat bisnis dan fleksibel karena dengan menggunakan gadgets jadi lebih mudah. Tapi bisnis online bisa saja mempunyai tantangan yang cukup ketat seperti isu keamanan yang terjadinya penipu yang menyamar sebagai pembeli, website toko online yang diacak-acak oleh hacker. Kreativitas untuk bikin bisnis online juga cukup kompetitif buat pebisnis. Berikut merupakan ide bisnis online untuk mahasiswa pemula yang dapat menjadi referensi:

  1. Tutor les private
    Mahasiswa berpeluang untuk membuka kelas akademis maupun non-akademis untuk kalangan anak SD, SMP, SMA maupun mahasiswa. Mengapa Mahasiswa masih membutuhkan tutor? Karena, sebagian mahasiswa masih membutuhkan bantuan dan bimbingan dari orang lain untuk memahami materi perkuliahan. Misalnya, membuka kelas sesuai dengan mata kuliah yang kamu unggul di dalamnya, dapat juga membuka kelas bahasa, kelas menghitung, self-development, dan sebagainya. Untuk menghemat waktu, kamu juga dapat melakukannya secara online dengan memilih platform apa yang ingin kamu gunakan seperti Zoom Meeting, Google Meet, Whatsapp Group, Line Group dan juga Discord.
  2. Menjual Produk sesuai dengan hal yang kamu sukai.
    Selama pandemi, banyak orang lebih memilih belanja online untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain dan menghemat waktu. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka online shop dengan menjual hal hal yang kamu sukai dan kamu kenali pasarnya. Misal, jika kamu merupakan salah satu dari penggemar Kpop/western, kamu dapat membuka bisnis online yang menjual merch official idol untuk para penggemar. Kamu dapat mempromosikan jualanmu pada platform Shopee, Tokopedia, TikTok, Twitter, Facebook, Instagram dan platform lainnya.
  3. Membuka jasa sesuai dengan keahlian
    Sudah pasti, kita akan sangat bersemangat mengerjakan sesuatu jika kita ahli dalam bidangnya. Kamu dapat memulai bisnis dengan menawarkan jasa secara online seperti jasa menulis, design, video editing, dan sebagainya. Jika konsisten dipromosikan, hal ini sangat mudah untuk dijual karena high demand. Kamu dapat menjualnya dengan mempromosikan di platform media sosial seperti Twitter, Instagram dan lainnya.
  4. Menjual akun premium
    Akun premium ini sangat diminati banyak orang karena harganya yang relatif murah. Contoh akun premium yang banyak dijual merupakan akun premium Netflix, Spotify, Apple Music, Scribd, iQiyi, Youtube dan banyak lainnya.
    Perlu diingat bahwa menjual akun premium haruslah secara legal dan sistem yang digunakan biasanya menggunakan family sharing. Platform yang banyak digunakan untuk menjual akun premium ini yaitu Twitter. Selain harganya murah, high demand, penggunaan Twitter juga lebih mudah untuk mendapatkan dan menemukan seller/buyer.
  5. Menjual Barang Preloved
    Pada saat ini, barang bekas atau yang sering disebut preloved sangat banyak diminati karena harga pembeliannya dan modal yang dikeluarkan yang relatif murah. Kamu dapat memanfaatkan peluang ini untuk memulai bisnismu dan mempromosikan produk yang kamu miliki di sosial media. Dan, juga kamu dapat menitipkan produkmu untuk dipromosikan di platform B-Preneur.
  6. Bisnis Online Jastip
    Mahasiswa dapat menawarkan jasa titip untuk membeli produk-produk tertentu yang sedang diskon di outlet. Saat berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, mahasiswa juga dapat membuka jastip untuk membeli produk tertentu yang tidak ada di pasaran. Sistem bisnis online jastip ini membutuhkan modal minimum karena memiliki sistem pre-order atau tidak menyediakan stock. Biasanya, customer memberikan request produk yang diinginkan lalu membayar di depan. Sehingga, kamu tidak perlu ribet untuk memikirkan modal dan profit yang didapatkan juga lumayan. Meskipun begitu, mahasiswa tetap harus mengikuti aturan bea cukai apabila barang tersebut dibeli dari luar negeri.
    Itulah 6 ide bisnis online yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Nah, bagaimana? Setelah kamu mengetahui ide-ide bisnis online ini apakah kamu tertarik untuk memulainya? Perlu diingat, membuka bisnis online juga harus diimbangi dengan manajemen waktu yang baik yaa! Sehingga, tidak akan mengganggu kegiatan kuliahmu dan kamu tetap dapat mengikuti kuliah secara efektif.

 

Referensi :

50+ Ide Peluang Bisnis Online 2022 Menjanjikan Tanpa Modal. (2022, January 11). BukuWarung. https://bukuwarung.com/peluang-bisnis-online/ 

Redaksi OCBC NISP. (2021, April 15). 15 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal, Bantu Bayar Kos! OCBC NISP. https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/04/15/ide-bisnis-untuk-mahasiswa

5 Rekomendasi Bisnis Online untuk Mahasiswa. (2021, November 21). iNews.id, https://www.inews.id/finance/bisnis/5-rekomendasi-bisnis-online-untuk-mahasiswa