“Close Friends” Bisa Jadi Revenue Streams Baru

Hampir kita semua saat ini mempunyai social media, atau bukan hampir mungkin tapi udah pasti kita semua menggunakan social media, baik itu sekedar platform untuk hiburan sampai jadi marketing tools yang kita pakai buat promosiin bisnis yang kita jalanin. Di Indonesia sendiri datanya pengguna media sosial sama dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021. Dari total populasi Indonesia sebanyak 274,9 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 170 juta, banyak banget kan yang main social media Di Indonesia.

Kayak yang udah dibilang sebelumnya, kalau penggunaan social media itu sendiri sebenarnya sekarang udah luas banget, bukan cuma untuk jadi tempat ngobrol secara online atau dapet hiburan doang, tapi juga bisa jadi lahan bisnis baru buat kita. Pemanfaatan social media buat jadi channel bisnis di era sekarang juga udah sangat berkembang, kalau kita lihat contohnya Instagram salah satu social media yang paling banyak jadi tempat jualan sekarang, banyak banget fitur-fiturnya yang berpotensi bisa datengin lebih banyak revenue buat bisnis kita nih, mulai dari IG ads, snapgram, dll. Diantara banyak fitur itu ada salah satu fitur yang belum banyak dipakai buat jadi salah satu revenue streams, nah sekarang kita bakal bahas fitur itu.

Close friends, mungkin kita udah tau ini fitur apa di Instagram, ini adalah fitur buat share snapgram kita tapi cuma bisa dilihat sama orang-orang yang udah kita masukin kedalam list close friends Instagram kita. Dengan fitur ini sebenernya kita bisa pakai jadi salah satu pemasukan buat bisnis kita, caranya segampang dengan judul “VIP list” atau “membership” jadi nanti modelnya semacam subscription mungkin bisa perminggu atau perbulan, ini bisa dirubah-rubah modelnya sekreatif kalian sebenernya mau mengemas ini jadi kayak gimana, jadi nanti isi dari snapgramnya mungkin konten-konten eksklusif atau ada bocoran paling baru tentang bisnis kalian, dll. Salah satu brand yang udah pake metode ini adalah Thingtesting, ini adalah sebuah start-up yang ngereview produk lifestyle gitu, nah lewat gabung Instagram close friends, mereka kasih keuntungan lebih buat membernya yang mau bayar kayak, diskon produk pilihan mereka, review eksklusif, dll.

Jadi gimana nih menarik ga fitur close friends bisa jadiin salah satau pemasukan buat bisnis kalian juga rupanya, ga cuma buat spill sama gosip satu circle doang. Pemanfaatan social media disaat kayak sekarang emang wajib banget nih dimaksimalin apa lagi kalau ini jadi lahan buat kita mencari cuan dari bisnis kita, dengan banyaknya fitur yang udah tersedia juga bakal makin memudahkan. Jadi gimana nih menarik ga fitur close friends bisa dijadiin salah satau pemasukan buat bisnis kalian juga rupanya, ga cuma buat spill sama gosip satu circle doang.

Refrensi:

https://www.instagram.com/p/CR8wM__F3H2/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-use-instagram-close-friends-list-business/

https://digitalbeauty.com/instagram-close-friends-feature/

 

Jeffrens Tanadi
Divisi Information Media Bekasi