Ide Kolaborasi Bisnis yang Dapat Menciptakan Lebih Banyak Usaha Berkelanjutan

Kolaborasi adalah suatu kegiatan kerjasama untuk menyalurkan ide dan gagasan dari berbagai pihak guna menyelesaikan suatu permasalahan sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Kolaborasi bisnis artinya melakukan proses bisnis dengan bekerjasama untuk mencapai target tertentu. Kolaborasi bisnis memiliki manfaat untuk menginspirasi ide-ide baru, mencari solusi dari suatu permasalahan, dan akhirnya dapat mencapai tujuan bisnis. Kolaborasi yang baik akan memiliki hubungan yang baik diantara beberapa pihak, seperti saling menguntungkan dan saling memberikan masukan sehingga mereka bersama-sama dapat berkembang. Kolaborasi bisnis juga dapat berguna untuk membangun brand awareness, meningkatkan keterlibatan customer, memperbesar jangkauan konsumen, hingga menghemat biaya operasional. Nah, pada kali ini kita akan membahas beberapa cara melakukan kolaborasi bisnis untuk meningkatkan ekonomi.

            Ada beberapa cara untuk melakukan kolaborasi bisnis untuk meningkatkan ekonomi, seperti:

  • Marketplace

Marketplace membuka kesempatan untuk para pebisnis untuk berkolaborasi dan platform-platformnya secara positif seperti mempertemukan calon pembeli dengan produk pebisnis yang jual. Disini, konsumen semakin banyak mengenal brand pebisnis. Biasanya pembeli memesan barang lalu bayar, tetapi di marketplace hal ini harus dapat menginformasikan kepada pebisnis baru agar pesanannya dapat diproses serta dikirim. Setelah itu, marketplace transfer sejumlah uang kepada pebisnis.

  • Kolaborasi dengan Aliansi.

Kolaborasi bisnis dengan cara aliansi biasanya dilakukan dengan melibatkan beberapa perusahaan dalam waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan bersama. Hal ini melibatkan pengetahuan dan juga sumber daya yang dimiliki dengan perusahaan yang terkait untuk meningkatkan profit yang dimliki.  Misalnya, menjual produk fashion. Agar tokomu terkenal dan lengkap, maka kita bekerja sama dengan aliansi pedagang fashion lainnya seperti sepatu, celana, dan lain-lain.

  • Kolaborasi dengan reseller.

Reseller ini itu memasarkan kembali barang yang pebisnis jual. Contohnya, kebanyakan konsumen-konsumen itu reseller fashion. Akan tetapi, lebih baiknya reseller itu seperti toko online, toko fisik, atau perorangan. Semakin banyak berkolaborasi dengan reseller, bisnis Anda semakin luas promosinya dan perjalanan bisnis semakin cepat.

  • Kolaborasi dengan brand lain dalam bentuk promo diskon.

Supaya pelanggan yang loyal terus membeli produk pebisnis, seorang pebisnis bisa memberi voucher kepada pelanggan atau diskon supaya pelanggan bahagia, tetapi jangan pernah memberikan diskon atau voucher yang dapat merugikan bisnis Anda. Contohnya, Anda mempunyai bisnis kopi, pelanggan yang sudah datang 10 kali ataupun lebih. Anda bisa memberikan kopi gratis ke pelanggan tersebut, sebagai tanda terima kasih.

            Maka dari itu, kita harus melaksanakan beberapa cara yang diatas untuk mengatur bisnis kita lebih baik. Dengan adanya kolaborasi bisnis di atas dapat meningkatkan kreativitas bisnis, menghasilkan inovasi baru dan memberikan perubahan positif terhadap bisnis yang kita miliki. Jika, bisnis milikmu belum pernah berkolaborasi dengan bisnis lain, maka ada baiknya mencoba dari sekarang karena ada begitu banyak peluang dan manfaat yang dapat bisnis kamu rasakan.

Ditulis oleh:

– Angelia Azarya Sinaga (Divisi Entrepreneurship Bekasi)

– Kanyahita Setyo Wahjudi (Divisi Entrepreneurship Bekasi)

– Nadira Shilla Noegroho (Divisi Entrepreneurship Senayan)

 

Referensi:

Iswanto, D. (2021, November 4). 4 Cara Simpel Kolaborasi Bisnis yang Dapat Tingkatkan Penjualanmu. Akurat. Retrieved July 29, 2022, from https://akurat.co/4-cara-simpel-kolaborasi-bisnis-yang-dapat-tingkatkan-penjualanmu

Sam’un, J. (2009, March 16). Kolaborasi sebagai Strategi Bisnis Masa Depan. Media Neliti. Retreived August 2, 2022, from

https://media.neliti.com/media/publications/72669-ID-kolaborasi-sebagai-strategi-bisnis-masa.pdf

Choirul, S. (Edisi 1) Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi Bisnis. Pustaka. Retreived August 2, 2022, from

https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/DAPU6107-M1.pdf