Pentingnya Digital Marketing di Era Industry 4.0

Dunia saat ini terus memberikan inovasi terhadap perkembangan teknologi yang memudahkan masyarakat dalam memproses data yang mengarah kepada perkembangan sistem fisik cyber. Tren-tren teknologi informasi (IT) yang semakin canggih memberikan kontribusi besar terhadap efektivitas kehidupan yang lebih baik. Apalagi pada era industri 4.0 sekarang ini, teknologi menjadi suatu hal yang penting dimana dapat memudahkan segala aktivitas yang dilakukan. Makna sebenarnya dari industri 4.0 ini adalah tentang industri yang berada pada generasi atau fase keempat dengan adanya campur tangan sistem cerdas dan teknologi canggih di dalamnya seperti Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, permasalahan-permasalahan yang terjadi akan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan, kemudian segala keputusan dapat berjalan lebih efektif dan efisien, serta produktivitas suatu bisnis atau sektor lain akan semakin meningkat. Bahkan, pemanfaatan teknologi digital saat ini menjadi hal yang lumrah dalam memasarkan suatu produk dan jasa. 

Memasarkan produk dan jasa menggunakan teknologi digital berarti dapat disebut juga dengan digital marketing. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa digital marketing sedang menjadi topik pembicaraan di kalangan business owner karena digital marketing menawarkan konsep pemasaran yang berbeda dengan pemasaran pada umumnya atau yang biasa. Pada digital marketing, pemasaran yang dilakukan lebih berfokus pada dunia maya dengan tujuan untuk menjangkau masyarakat dengan jumlah yang lebih besar dan jarak yang lebih luas. Berdasarkan survei, dihasilkan bahwa penggunaan media sosial semakin meningkat dari tahun ke tahunnya, sehingga dapat dikatakan bahwa media sosial merupakan platform yang sangat efektif sebagai media promosi yang dapat dilakukan secara maksimal. Adapun beberapa manfaat dari penggunaan digital marketing, antara lain sebagai berikut:

  • Memudahkan dalam mencapai target pasar yang diinginkan
  • Memperkenalkan produk atau jasa dalam jangkauan yang lebih luas
  • Meningkatkan efektivitas dalam promosi 
  • Memudahkan penjualan
  • Biaya yang lebih efisien
  • Meningkatkan hubungan antara konsumen dan perusahaan 
  • Dapat melihat efektivitas perusahaan 

 

Berdasarkan paparan di atas terkait era industri 4.0 beserta teknologi yang semakin berkembang secara pesat, dapat disimpulkan bahwa dunia bisnis membutuhkan digital marketing untuk menunjang keberlangsungan bisnis suatu perusahaan dalam memperkenalkan produk atau jasanya kepada masyarakat luas. Terlebih lagi, saat ini gadget atau teknologi dapat dikatakan sebagai keharusan bagi masyarakat, sehingga sebagian besar waktu masyarakat ditumpahkan kepada teknologi atau gadget mereka. Maka dari itu, digital marketing merupakan komponen penting dalam menjalankan suatu bisnis di era revolusi 4.0, sehingga perusahaan dapat memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasanya hingga mencapai keunggulan kompetitif.

 

Dibuat oleh Divisi Entrepreneurship, Kemanggisan 

 

Referensi

Andriyanto, Irwin. 2021. “Peranan Digital Marketing di Era Industri 4.0”. Diakses dari https://www.course-net.com/peranan-digital-marketing/ 

Hayart. 2021. “Inilah Job Descriptions Digital Marketing, Pekerjaan Yang Lagi Dibutuhkan Banyak Perusahaan!”. Diakses dari https://lemoot.com/digital-marketing-job-descriptions/ 

Bustamin. 2020.  “Revolusi Industri Mengubah Cara Hidup Manusia Tiap Fase”. Diakses dari  https://pattae.com/revolusi-industri-mengubah-cara-hidup/