Merajut Keuntungan dengan Berbisnis Kerajinan Daerah Nusantara

Sadarkah kalian bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan kerajinan daerah nusantara. Jika kita kulik, akan banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan melalui warisan budaya Indonesia. Yuk, kita kulik salah satu warisan budaya daerah di Indonesia yang bisa memberikan peluang laba!!

Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu pulau dengan warisan budaya yang kaya akan hasil kerajinan tangan, salah satunya adalah kain tenun ikat. Kain tenun ikat merupakan tradisi warisan nenek moyang yang mulai populer di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai Internasional. Kain tenun ikat memiliki banyak variasi motif dan model yang indah serta unik, seperti motif bertema binatang, manusia, kekayan alam, dan lain-lain. Kain ini tidak hanya digunakan sebagai kain adat atau kain upacara di NTT namun, sekarang kain tenun ikat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan, baju, celana, tas, dan lain-lain.

Kain tenun ini menjadi prospek bisnis yang menarik dan menjanjikan bagi banyak orang di berbagai belahan dunia karena produk kerajinan tangan ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Harga kain tenun asal NTT berkisar Rp 450.000 hingga Rp 2.500.000 per lembar. Peminat kain ikat ini juga sangat tinggi mulai dari ibu rumah tangga sampai artis papan atas bahkan hingga Internasional. Ciri khas dari setiap motif dan warna kain ikat juga sangat memikat pembeli sehingga meskipun berbisnis di bidang tradisional kita tetap bisa meraup omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan. Dengan kemajuan teknologi,  bisnis ini lebih mudah untuk dilakukan dan dipasarkan. Kita bisa mendapatkan banyak supplier yang menghasilkan kain berkualitas dengan harga yang terbaik. Pemasaran online juga dapat memikat minat para pembeli, seperti Instagram atau Ecommerce yang tersedia.

Sekarang dapat kita sadari bahwa budaya kita, Indonesia, bisa menjadi peluang untuk kita bisa berbisnis dan mendapatkan keuntungan yang tinggi. Masih banyak lagi warisan budaya daerah di Indonesia yang bisa kita kulik untuk menghasilkan keuntungan bisnis. Peluang itu akan selalu ada jika kita mau mencari tahu, mengambil, menjalani dengan tekun, dan sabar dengan setiap proses yang ada. Mulailah berbisnis dan raih kesuksesan di masa muda!!!!

Source :

John Lewar (3 Desember 2019)

https://mediaindonesia.com/nusantara/275420/kain-tenun-ntt-siap-masuk-pasar-dunia

Merlina M. Barbara (12 Oktober 2015)

https://peluangusaha.kontan.co.id/news/merajut-peluang-turunan-kain-tenun-ikat-ntt

 

Agnes Sukamto
Divisi Public Relation Alam Sutera