Hal-hal Penting yang Harus Dipertimbangkan dalam Membuat Rencana Bisnis

Hans David Febrian

2101699426

Melakukan perencanaan usaha adalah salah satu hal yang harus dilakukan apabila Anda ingin memulai dan berkecimpung dalam dunia bisnis. Dengan perencanaan yang matang dan semaksimal mungkin, tentu saja bisnis yang nantinya akan dijalani bisa menghasilkan profit yang tinggi. Dalam membuat rencana bisnis yang baik dan efektif, pastikanlah semua faktor dalam berbisnis dipertimbangkan dan diperhatikan dengan baik. Beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam membuat perencanaan bisnis diantaranya yaitu:

  • Modal.

Modal merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dalam dunia bisnis. Rasanya tidak mungkin suatu bisnis bisa berjalan tanpa adanya modal yang mumpuni. Untuk berkecimpung dalam dunia bisnis, dibutuhkan modal yang memadai dan menunjang agar perjalanan bisnis dapat berlangsung dengan baik. Modal dalam berbisnis itu sendiri terdiri dari beberapa hal, yaitu modal kemampuan, modal biaya, modal tenaga, kreatifitas dan kerja keras. Persiapan dalam memenuhi kebutuhan seluruh aspek modal harus dilakukan dari jauh-jauh hari sehingga bisnis bisa segera dimulai. Dengan adanya gambaran modal yang Anda miliki, barulah perencanaan bisnis bisa diatur dengan baik.

  • Jenis usaha.

Jenis usaha akan sangat menentukan detail perencanaan bisnis yang dibuat dan diaplikasikan nanti. Dengan menentukan jenis usaha yang akan Anda kelola, maka Anda akan mengetahui seperti apa kebutuhan operasional yang harus dipenuhi, seperti apa resiko usaha yang akan dihadapi dan bagaimana cara mengembangkan usaha supaya berjalan dengan baik. Setiap jenis usaha yang Anda pilih memiliki perhitungan dan modal perencanaan yang berbeda satu sama lain sehingga pastikanlah jenis usaha yang Anda pilih adalah jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda saat ini.

  • Lokasi.

Menentukan lokasi usaha yang Anda jalani sangatlah penting dan harus diperhitungkan dengan baik. Sebab, lokasi usaha yang tepat dan strategis dapat meningkatkan daya saing dan potensi usaha yang akan dikelola nanti. Apabila lokasi usaha yang Anda pilih adalah lokasi yang ideal dan juga prospektif, otomatis hasil usaha yang akan Anda peroleh akan terasa manis. Begitu pula sebaliknya, lokasi usaha yang tidak dipertimbangkan dengan baik membuat perjalanan bisnis menjadi kurang efektif.

  • Strategi pemasaran.

Melakukan pemasaran dan promosi dalam berbisnis merupakan salah satu faktor penting yang wajib direncanakan dengan baik. Apabila strategi pemasaran telah dirancang sedemikian rupa dengan berbagai bentuk pertimbangan yang matang, tentu saja perjalanan usaha akan mudah berkembang dan menghasilkan profit yang menjanjikan. Semakin efektif strategi yang akan direncanakan, maka semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

  • Manajemen keuangan dan operasional.

Merencanakan pengelolaan operasional dan keuangan dalam berbisnis adalah hal yang amat penting dan wajib dilakukan dengan sebaik mungkin. Dengan terbentuknya manajemen pengelolaan keuangan dan operasional usaha yang baik, maka perputaran modal akan semakin efektif. Selain itu, berbagai resiko usaha pun bisa diperhitungkan dengan baik berkat adanya perencanaan manajemen usaha yang kompetitif.

Itulah beberapa hal dan faktor yang amat penting bagi Anda ketika akan menyusun suatu rencana bisnis. Dengan memperhatikan aspek modal, jenis usaha, lokasi, strategi pemasaran hingga manajemen pengelolaan usaha yang baik, maka pembentukan rencana usaha akan semakin matang untuk dijalani. Apabila perencanaan usaha telah disusun sedemikian rupa dengan berbagai pertimbangan yang maksimal satu sama lain, otomatis bisnis yang Anda inginkan bisa segera dimulai dan dapat berjalan sesuai target dan estimasi bisnis yang ingin Anda raih.

Sumber/Daftar Pustaka: http://inspirasi-bisnisnya.blogspot.com/2015/10/hal-hal-penting-yang-harus.html