Peran Penting Seorang Entrepreneur di Masa Kini

Entrepreneurship adalah sebuah kegiatan yang sudah ada sejak dulu, dimana seorang individu/sekelompok orang (entrepreneur) yang memiliki tujuan (visi/misi) yang sama, mencoba berinovasi untuk membuat sesuatu yang baru dan belum pernah ada sebelumnya, atau mengembangakan sesuatu yang sudah ada untuk menciptakan value bagi orang-orang tertentu yang sudah ditargetkan dari sejak awal.

Jiwa kewirausahaan yang dibangun bertujuan untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar disebut entrepreneurship. Tentunya entrepreneurship ada karena timbul rasa bosan dari diri kita manusia, untuk selalu ingin mencoba hal yang baru, terus mengembangkan sesuatu dan berinovasi untuk semakin memudahkan kehidupan. Dan terkadang untuk memulai hal-hal tersebut, kita harus “Think Outside The Box” alias memikirkan hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh orang lain. Selain itu, kita juga harus berani untuk menanggung resiko, berani gagal namun terus berusaha. Entrepreneurship bisa dimulai kapan saja dan dimana saja. Tidak harus dalam menciptakan bisnis, tetapi teori ini juga dapat diaplikasikan pada pekerjaan atau rutinitas yang sudah mulai membosankan dan perlu hal-hal yang baru untuk mengupgrade sebuah kegiatan agar terkesan tidak monoton atau lebih menarik.

Entrepreneur is about creating value.” Hampir semua orang sekarang ini mempunyai masalah dan kesulitannya masing-masing. Merupakan tugas dari entrepreneur untuk memikirkan hal-hal apa saja yang bisa dikembangkan untuk menolong orang-orang tersebut. Tidak sedikit bahkan sangat banyak orang yang sudah nyaman dengan pola hidup yang sebenarnya salah dan tidak tepat, tetapi mereka tetap melanjutkan kebiasaan mereka dan tidak mencari jalan keluarnya. Sebenarnya ini merupakan peluang besar bagi kita sebagai entrepreneur, dimana kita bisa mencari apa yang kurang dari kebanyakan orang sekarang ini, lalu kita melengkapi kebutuhan mereka sehingga mereka bisa bergantung pada kita. Ide-ide kreatif kita justru menentukan pemecahan masalah yang menjadi solusi bagi banyak orang.

Hampir semua orang – orang sukses, memulai segala sesuatu dari bawah, alias dari nol, dan mereka pun perlu bekerja keras untuk kesuksesan itu. Tidak jarang bahkan hampir semua pembisnis pasti pernah gagal dalam berusaha. Tetapi kita harus terus bangkit lagi. Pastinya banyak tantangan yang menghadang kita saat berbisnis, mulai dari ditipu supplier, diperas, dicuri/dirampok, dan banyak hal-hal menyedihkan lainnya.  Tak banyak yang berhasil dalam bisnis. Hanya mereka yang terus berinovasi, terus berusaha dan terus bertekad kuat, yang mampu untuk terus bersaing di era globalisasi. Akan banyak peniru-peniru alias plagiator saat mereka melihat bahwa ide kita adalah ide yang baik dan laku di pasaran, mereka akan dengan seenaknya mengcopy atau menjiplak karya kita. Jika kita tidak terus berinovasi, maka kita akan kalah bersaing dengan mereka.

Kunci keberhasilan seorang entrepreneur adalah kita harus mencintai dan menekuni apa yang sedang kita kerjakan. Kita juga tidak  boleh lupa juga akan peran team dalam bisnis kita. Nilai tambah dalam produk kita juga akan menjadi hal penting yang dapat menjamin kelangsungan bisnis kita, dan yang terakhir adalah kita harus terus berinovasi atau terus mengembangkan ide bisnis kita secara terus-menerus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.