Hal-hal Dasar yang Perlu Diperhatikan dalam Membuka Bisnis Kuliner Nusantara

Pembukaan bisnis kuliner nusantara menjamin keuntungan yang signifikan. Bisnis kuliner nusantara tentunya menjadi pilihan banyak pelaku usaha, karena merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Contoh kuliner nusantara di Indonesia seperti sate padang, rending, nasi goreng, gudeg, soto, dll. Tentu saja, bisnis kuliner tidak bisa dilepaskan dari prosedur bisnisnya. Inilah mungkin mengapa ada beberapa hal yang perlu diatur sebelum memulai bisnis kuliner.

  1. Modal awal usaha

Tentunya sebelum membuka bisnis, Anda perlu mempunyai modal usaha yang cukup. Jika modal usaha Anda kurang, Anda bisa mengajak atau mencari rekan untuk diajak kerja sama. Atau bisa melakukan peminjaman ke koperasi atau bank melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau KUR bagi pelaku UKM.

  1. Pertahankan ciri khas

Setiap kuliner daerah pasti memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya jadi menarik. Ciri khas tersebut bisa dari rasa, tampilan, suasana restoran. Misalnya jika menjual kuliner nusantara, selain rasa pada hidangan, Anda juga bisa menambahkan hiasan atau ornamen tertentu yang merupakan ciri dari asal kuliner tersebut di beberapa sudut restoran.

  1. Menentukan lokasi yang tepat

Pilihlah lokasi yang strategis, ramai, dan dilalui banyak orang. Tempat yang strategis memudahkan orang untuk mengetahui wilayah bisnis Anda dan memudahkan orang untuk mampir ke tempat kuliner tersebut. Saat menentukan lokasi, tidak terlepas Anda harus memperhitungkan modal yang harus dikeluarkan. 

  1. Ciptakan ide kreatif dan inovatif

Buatlah beberapa menu yang kreatif atau belum banyak dijual untuk mengurangi tingkat persaingan. Namun pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen. Tujuannya untuk menarik perhatian dan lebih mudah dikenal banyak orang. Bisa juga Anda menghidangkan makanan dengan suatu hal yang berbeda, misalnya jika biasanya makanan dihidangkan dengan piring melamin atau beling Anda bisa menggantinya dengan anyaman rotan lalu ditambah dengan potongan daun pisang. 

  1. Promosi yang Tepat

Promosi merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda. Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha ke banyak orang untuk cara memulai usaha kuliner yang tepat. Selain itu Anda bisa mempromosikan usaha lewat social media, seperti Instagram, Twitter, Facebook bahkan jika ada dana lebih Anda bisa promosikan melalui spanduk, papan nama, pamflet, atau leaflet.

  1. Sikap dan perilaku pelayanan 

Salah satu hal terepenting yaitu pelayanan kepada pelanggan. Penting untuk menjaga sikap maupun perilaku saat berhadapan dengan pelanggan. Pelayanan yang ramah dan sopan akan membuat pelanggan merasa nyaman dan dihargai sehingga akan memunculkan nilai plus untuk bisnis Anda. Maka sangat penting untuk memberikan pelayanan terbaik.

  1. Menciptakan lokasi bisnis yang bersih

Pastikan lokasi bisnis Anda selalu bersih karena tentunya tempat bersih juga menambah kenikmatan makan. Tentu saja tidak ada pengunjung yang akan merasa nyaman untuk makan jika restoran terlihat kotor. Jadi pastikan segala sesuatu yang ada di restoran terjaga kebersihannya. Pengunjung akan merasa nyaman dengan tempat dan makanan yang bersih karena merasa makanan yang mereka makan aman dan higienis.

Referensi:

https://www.merdeka.com/jatim/10-cara-memulai-usaha-kuliner-yang-cocok-untuk-pemula-mudah-dilakukan-kln.html?page=3 

https://stiebp.ac.id/10-alasan-bisnis-kuliner-adalah-peluang-usaha-yang-mudah/ 

 

Shakila Damero
Divisi Public Relation Bekasi