Peluang Bisnis Saat Pra-pandemi atau Sesudah Pandemi

Prapandemi dan sesudah pandemi, mengapa kita membahas pra-pandemi dan sesusah pandemi? perlu kita ketahui bahwa pandemi ini membawa sedikit perubahan dan pola pikir masyarakat, sekarang masyarakat umum sudah biasa melakukan segala macam secara kegiatan secara online contohnya seperti berbelanja, masyarakat yang tadinya gapaham teknologi (Gaptek) ataupun yang senang berbelanja secara langsung dengan keadaan pandemi ini memaksa mereka untuk bisa beradapatasi dengan melakukan kegiatan belanja secara online atau pun dengan mematuhi protokol

  1. Drive-thru marketMasyarakat yang terbiasa untuk melakukan Sosial distancing menimbulkan ide bagaimana seseorang dapat berbelanja tanpa bertemu dengan orang lainnya, maka terciptalah ide untuk membuat belanja menjadi drive thru.
  2. Virtual clothing Online
    Ini adalah ide dimana dengan memaanfaatkan teknologi AI(Artificial Intelegence) seseorang dapat membeli baju, dengan mencerminkan dirinya sendiri, orang-orang dapat memilih baju dan warna yang sekiranya cocok untuk dirinya.
  3. Layanan psikologis dan kesehatan OnlineKarena pandemi ini membuat berhati-hati bertemu orang lain apalagi orang tersebut sedang sakit, tapi di lain sisi seorang yang sakit pun butuh pertolongan, untuk itu maka timbulah ide untu berkonsultasi dengan pakar medis secara online, tentunya yang bisa di lakukan secara online, contohnya seseorang yang mempunyai masalah psikologis bisa berkonsultasi dengan dokter psikolog secara online, ataupun untuk pembelian obat farmasi bisa di lakukan secara online dengan mendengarkan keluhan dan gejala pasien melalui daring.
  4. Seminar Online

Nah dalam bidang Public speking, biasanya seminar dilakukan di sebuah aula terbuka yang di hadiri banyak orang lalu di isi dengan nara sumber hebat sebagai pembicaranya, namun pandemi mengharuskan kita untuk tidak berkumpul disuatu tempat dengan sekala orang yang banyak, lalu bagaimana dengan seminar? , seminar sekarang lebih banyak menggunakan media online untuk penyelegaraannya selain bisa di lakukan dimana saja, online seminar ini lebih bisa menjaga privacy seseorang selain itu ilmu yang ingin di dapat juga tersampaikan, sehingga sekarang banyak orang yang lebihnya nyaman menghadiri seminar secara online.

5. Lelang OnlineLelang merupakan suatu teknik marketing untuk menarik minat dan mendapatkan harga tertinggi pada sebuah barang, nah perlelangan biasanya di lakukan disuatu tempat yang luas yang di hadiri para pembeli untuk melakukan lelang, nah karna pandemi ini menjadi perkumpulan massa yang banyak jadi terhalang, lalu bagaimana dengan lelang?, maka perlelangan sekarang diubah menjadi Online, selaian lebih mudah karna bisa di lakukan dimana saja, perlelangan orang dapat menarik pembeli atau pengebid yang lebih banyak karna bisa di ikuti seiapa saja.

Sumber :

http://www.aptiknas.id/2020/04/seminar-online-mendadak-digital-30.html

https://grapadinews.co.id/lelang-online-terobosan-baru-mudahkan-penawar-dari-segala-penjuru/

https://www.suara.com/tekno/2019/11/15/050000/out-of-the-box-ketika-aplikasi-halodoc-dimanfaatkan-untuk-tanya-tugas

https://venturebeat.com/2012/09/25/zugaras-virtual-dressing-rooms-take-the-x-factor-out-of-online-shopping/

https://www.diadona.id/food/viral-indomaret-drive-thru-bisa-belanja-sekalian-pesen-makanan-2006137.html

Muhammad Dangga
Divisi Public Relation Alam Sutera