Peluang Bisnis Makanan Ringan Snack di Tengah Pandemi

Pandemi Covid 19 di Indonesia memang bukan masalah sepele, karena terpantau dari data statistik Tim Percepatan Covid 19 Indonesia masih menunjukkan grafik yang cenderung naik dan belum stabil. Ditambah lagi dengan keadaan sekarang yang semakin memburuk dengan adanya tingkat kenaikan angka kasus Covid 19 yang semakin melonjak. beberapa sector industry mulai terganggu dan pemerintah hanya memperbolehkan 6 sektor industry yang beroperasi. Hal ini memunculkan efek pada perekonomian Indonesia dan Sektor perindustrian. Tidak hanya di Indonesia, efek covid 19 mempengaruhi kondisi ekonomi keuangan hamper di seluruh penjuru dunia, Menurut Indeks Ekonomi Indonesia menunjukkan adanya penurunan yang sangan signifikan, mengapa? Karena pada tahun 2019 didapatkan indeks pertumbuhan ekonomi Indonesia yaitu di angka 4.97 pada kuartal 4 tahun 2019, Sedangkan karena covid 19 ini indeks pertumbuhan ekonomi Indonesia Turun diangka 2.97 pada kuartal pertama 2020. Tidak lain halnnya coovid 19 menyebabkan peraturan Phsical Distancing yang mana menyebabkan toko tutup dan tidak boleh ada kerumunan warga hal ini menyebabkan perputaran laju ekonomi tersendat dan tidak dapat bekerja secara maksimal. 

Dengan demikian produktif dimasa pandemic menjadi salah satu hal yang sangat bermanfaat. Hal yang dapat dilakukan untuk produktif dimasa pandemic ini adalah salah satumya dengan membuka usaha makanan ringan. Terlebih jika diperjualbelikan secara online maka akan memperoleh peluang yang besar. Selain itu juga dimasa sekarang semua orang melakukan perbelanjan secara online. Peluang untuk bisnis makanan ringan dalam kemasan makanan snack masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja. Keuntungan bila kita tamemilih terjun dalam peluang usaha makanan snack ini yakni merupakan makanan ringan dalam kemasan yang digandrungi banyak orang. Segi kekurangan bisnis makanan snack ialah makanan snack memiliki tingkat persaingan yang tinggi juga ketat. Sehingga dalam berjualan makanan snack dapat diminimalisir dengan membuat makanan snack berbeda dan unik dalam memenangkan persaingan. Pemasaran bisnis makanan snack bisa dilakukan dengan membuat makanan snack yang enak serta berbeda. Selain itu dapat memanfaatkan promosi makanan ringan dalam kemasan makanan snack dari media sosial baik faceboook, path, whats upp, bbm, instagram, we chat dan lainnya. Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran makanan snack lewat menyebarkan berbagai brosur.

Selain itu juga solusi yang dapat dilakukan untuk produktif dimasa pandemic ini salah satunya bagi pebisnis, untuk mempertahankan bisnis tetap berjalan meskipun kebutuhan harus terus dipenuhi, kita harus mencari reseller atau pelanggan baru meskipun pemesan hanya memesan sedikit, tapi hal itu sangat berguna untuk mempertahankan bisnis tetap berjalan. Hal tersebut tidaklah mudah, maka ada jalan pintas lain yaitu dengan mempertahanlan arus kas perushaan atau usaha atau bisnis selama mungkin. Dengan cara tersebut yaitu akan memberhentikan output yang bersifat tidak dalam kategori darurat. Cara berikutnya dapat dilakukan dengan menjual aset atau investasi yang dimiliki. Dengan demikian cara ini dilakukan agar bisa menyimpan dana tunai sementara untuk mempertahankan arus kas. Lain halnya dengan usaha yang sudah di tutup, mereka dapat melakukan hal yaitu tetap melakukan marketing walaupun usaha mereka tutup, mengapa demikian? Karena cara inilah yang akan tetap mendorong para pelanggan tetap stay dan membuka peluang untuk pelanggan baru.

Referensi :

Maksindo. (2016, March 1). Peluang Bisnis Makanan Snack dan Analisa Bisnisnya. Toko Mesin Maksindo; http://www.facebook.com/tokomesinmaksindo. https://www.tokomesin.com/peluang-bisnis-makanan-snack-dan-analisa-bisnisnya 

Pranita Elsa
Divisi Public Relation Bekasi