Pelestarian Budaya Indonesia Melalui Bisnis Kain Tradisional

Indonesia memiliki berbagai macam suku, budaya, tradisi, agama, dan golongan. Salah satu jenis kebudayaan yang dimiliki Indonesia adalah kain tradisional, yang merupakan peninggalan turun menurun. Kain tradisional Indonesia memiliki corak yang tidak kalah indah dengan kain-kain lainnya. Masyarakat Indonesia memakai kain tradisional Indonesia hanya untuk acara-acara penting. Oleh karena itu, semakin besar pula rasa takut akan punahnya kain tradisional karena sedikitnya peminat, baik pengrajin maupun masyarakat. Namun, seiring berkembangnya zaman, semakin banyak masyarakat yang tertarik kepada kain tradisional Indonesia karena corak yang dimilikinya.

Banyak sekali kain tradisional Indonesia yang memiliki corak yang sangat indah. Beberapa diantaranya, yaitu Sasirangan dari Kalimantan Selatan, Ulos dari Sumatera Utara, Sutera Bugis dari Sulawesi Selatan, Besurek dari Bengkulu, Tapis dari Lampung, Gringsing dari Bali, dan lain-lain. Dari corak-corak kain tradisional yang indah ini, muncullah rasa ketertarikan masyarakat Indonesia.

Rasa ketertarikan masyarakat Indonesia akan kain tradisional, memungkinkan untuk meluasnya penggunaan kain tradisional. Hal ini menyebabkan seorang pelaku bisnis dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk membantu melestarikan kain tradisional agar tetap dikenal, baik dikenal masyarakat Indonesia maupun negara lain, yaitu dengan cara membuka bisnis berupa kain tradisional yang telah dimodifikasi atau dipadupadankan menjadi model yang sedang tren atau mengikuti zaman. Cara tersebut dilakukan agar penikmat atau para calon pembeli berminat dan dapat menggunakan kain tradisional tersebut di kehidupan sehari-harinya tanpa takut merasa ketinggalan zaman.

Semakin banyak yang memakai pakaian dari kain tradisional Indonesia, maka semakin besar pula rasa bangga masyarakat terhadap kain tradisional. Semakin banyak masyarakat yang merasa banggsa, maka semakin berhasil pula bisnis kain tradisional Indonesia.

Referensi :

Nama Kain dan Daerah Asalnya

 

Filza Syazwina Riza
Divisi Public Relation Alam Sutera