Tantangan yang Harus Dihadapi Pebisnis Saat Ini

Hai Bpreneur member, apa kabar kalian nih ditengah pandemic COVID-19 ini? Semoga kalian baik-baik saja yaa dan tetap #DirumahAja selama tidak ada aktivitas yang sangat mendesak untuk keluar rumah. Ditengah wabah Covid ini, pasti banyak sekali hal-hal yang sangat kalian khawatirkan, salah satunya tentang bisnis kalian bukan? Banyak sekali dampak yang terkena akibat wabah tersebut, dan mau tidak mau, kita harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kali ini kita akan membahas hal-hal apa saja si yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis di masa-masa yang penuh dengan tantangan. Berikut tantangannya :

  • Memiliki perkiraan arus kas atau cashflow

Dengan memperkirakan cashflow untuk kedepannya, kita secara tidak lansung akan membiasakan diri untuk lebih berhemat kembali, dan menstabilkan arus keuangan kalian. Jangan sampai kalian tidak memperhitungkan faktor ini yaa, karena ketika kalian tidak memperkirakan arus keuangan kalian, yang ada pengeluaran kalian sangat besar dari apa yang tidak kalian rencanakan. Jadi biasakan diri untuk selalu membuat perkiraan cashflow dan stabilkan pengeluaran dan pemasukan kalian.

  • Buatlah variasi aliran pendapatan

Dalam point ini, kalian harus bisa berinovasi dengan apa yang terjadi pada saat-saat ini. Buatlah bisnis-bisnis baru dengan kreativitas kalian sendiri tanpa merugikan orang lain yaa, seperti membuat masker dan handsanitizer yang sudah dianjurkan oleh WHO, lalu menjual berbagai produk kesehatan, dan lainnya. Lalu biasakan untuk mengambil keuntungan sedikit dengan faktor pembelian dari customer yang banyak, jangan sampai kalian jual dengan harga mahal dan orang lain tidak bisa beli apa yang kamu jual.

  • Focus kepada marketing penjualan produk yang ada

Pada waktu saat-saat ini, coba alihkan penjualan kalian ke penjualan online karena dengan menjual di online, kemungkinan untuk orang lain membeli produk anda akan lebih besar dibanding mengutamakan penjualan dengan system offline. Jangan lupa untuk selalu memasarkan produk-produk yang ada di online store, dan online media sehingga banyak orang mengerti dan membeli barang yang kamu jual deh

Itu adalah beberapa dari bagian yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis di masa-masa ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat buat kamu yaa.. oh yaa, kalian juga boleh memberi tahu ke kita semua kok, pengalaman-pengalaman kalian dalam memperjuangkan bisnis kalian di masa COVID ini, supaya member-member lain tau bagaimana situasi yang terjadi pada kehidupan nyata saat ini.