Pengertian dan Ciri Seorang Entrepreneur

Dibuat oleh : Nadia Safa Zafirah – 2201826071

Pengertian dan Ciri Entrepreneur

Entrepreneur merupakan seseorang yang melakukan kegiatan wirausaha dimana biasanya orang tersebut memiliki bakat dalam mengetahui produk, menentukan cara memproduksi produk baru, dan bisa memasarkan produk dan mengatur modal untuk operasional. Seseorang entrepreneur harus memiliki kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif dalam melihat peluang usaha.  Selain itu, sebagai seorang entrepreneur memberikan manfaat kepada orang yang disekitarnya melalui usaha yang dibangun.

 

Apakah ciri-ciri dari seorang entrepreneur? Berikut ini ada beberapa ciri-ciri seorang entrepreneur.

 

  1. Memiliki mindset positif

Mindset mempengaruhi perkembangan bisnis kita. Menjadi entreprenur tidak sekedar berhubungan dengan hal-hal teknis seperti meng-handle karyawan, klien, dan produksi, tapi juga bagaimana kita mengatur mindset.

Billy Boen dalam buku Young on Top juga mengatakan hal yang sama, “Kalau dari awal kita sudah bilang nggak mungkin atau susah, kemungkinan besar ketika mencobanya kita akan gagal atau merasa hal itu susah banget.”. Candra Liang juga menulis hal dalam artikelnya yang ia bagi di berbagai forum online, bahwa bisnis itu dimulai dari 3 hal; Mindset, Passion dan Action.

  1. Memiliki Rancangan Bisnis

Yang membedakan seorang pedagang dengan pebisnis ialah para pebisnis selalu punya rancangan bisnis sedangkan berdagang biasanya hanya berpikir tentang modal usaha, keuntungan yang diambil berapa dan beberapa resiko yang akan terjadi.

Namun seorang entrepreneur melakukan hal lebih dari sekedar perhitungan ini. Ia akan membuat konsep, menentukan brand, visinya, menganalisa pasar, proyeksi kenaikan harga, dan melihat peluang lain yang mungkin bisa dikembangkan dalam produknya sehingga memiliki ciri khas.

  1. Pantang Menyerah

Seorang entrepreneur sejati tidak pantang menyerah pada satu keadaan. Tidak menyerah di sini bukan berarti melakukan hal yang sama dengan kegagalan yang sama, tapi ia aktif mencari solusi agar masalahnya terpecahkan.

 

  1. Pandai dalam Mengatasi Ketakutan

Banyak orang yang masih takut dalam mengambil resiko, namun hal ini tidak berlaku bagi seorang entrepreneur. Mereka pandai dalam mengatasi ketakutannya dan menumbuhkan rasa keberaniannya untuk meninggalkan segala kenyamanan yang ada, serta memilih mengahadapi suatu resiko. Namun keberanian untuk mengahadapi suatu resiko tetap disertai dengan perhitungan matang sehingga mereka juga berani bertanggung jawab atas keputusannya yang diambilnya.

 

Penjelasan diatas tentang pengertian entrepreneur atau pengusaha, ciri-ciri seorang entrepreneur. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

Referensi

 

BisnisUKM (2010). 10 Ciri Seorang Entrepreneur, Apa Kamu Salah Satunya?. [Online]

https://bisnisukm.com/10-ciri-seorang-entrepreneur-apa-kamu-punya-salah-satunya.html

[Akses pada 22 Januari 2019].