Peluang Bisnis dari Kelezatan Kuliner Nusantara

Bisnis di bidang kuliner tidak pernah berhenti. Menengok ke belakang beberapa tahun terakhir ini, seperti halnya, banyak merchant yang sukses dengan membuka gerai yang menyediakan makanan berupa warung dan restoran.

Maklum, sebagai salah satu kebutuhan pokok, setiap orang berburu. Selain itu, hampir semua media kini menyediakan sajian-sajian yang berhubungan dengan makanan, menyediakan sajian-sajian yang enak dan lezat untuk toko-toko dan restoran-restoran. Situasi ini akhirnya mendorong berkembangnya karir kuliner di banyak kota. Belum lagi dengan beragamnya kuliner nusantara seperti rendang,nasi goreng,gudeg,soto, dan banyak lagi.

Kuliner tersebut tidak hanya tersebar di Indonesia namun juga dapat ditemukan di luar negeri. Cita rasanya yang unik dan gurih membuat kuliner nusantara dicintai oleh orang-orang. Bahannya pun relatif murah dan mudah ditemukan, hanya perlu ketelatenan dalam meracik bumbu dan memasaknya.

Soal peruntungan banyak gerai yang sukses baik dalam negeri maupun luar negri, pernahkah kalian dengar tentang orang Indonesia yang menjual tempe goreng di eropa dengan harga puluhan ribu? Itu merupakan salah satu contoh kalau makanan Indonesia mendunia. Sentuhan inovasi pada makanan nusantara juga dapat membantu meningkatkan nilai kuliner, contohnya rendang dengan truffle atau nasi goreng keju leleh dll.

Hendaknya kita sebagai warga negara Indonesia bangga akan kekayaan nusantara dan melestarikan kebudayaan tersebut baik dalam negeri maupun di kawasan internasional.

 

Deven Afianto
Divisi Information Media Alam Sutera