Strategi dalam Meningkatkan Keefektifan Branding

Branding merupakan pengenalan pada suatu aspek untuk dikenal oleh masyarakat atau orang lain secara luas. Proses tersebut dapat menciptakan keterikatan yang melekat terhadap suatu produk. Dengan kata lain, tujuan menerapkan branding adalah untuk mendorong masyarakat agar mau membeli dan menggunakan produk/jasa yang dijual oleh perusahaan. Branding yang efektif dapat memberikan pengaruh besar dalam dunia usaha untuk lebih maju dan berkembang. Hal tersebut akan menjadikan produk/jasa yang dijual perusahaan menjadi lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Adapun beberapa manfaat dari penerapan branding, baik terhadap bisnis maupun konsumen, antara lain:

  • Menjadi pembeda antara merek perusahaan dengan merek para kompetitor 
  • Memudahkan konsumen dalam memutuskan pembelian produk melalui adanya diferensiasi produk
  • Menciptakan ekuitas merek pada bisnis perusahaan, sehingga mendorong konsumen untuk membeli produk yang dijual
  • Meningkatkan citra, nilai, dan reputasi perusahaan
  • Meningkatkan tingkat penjualan

Selain manfaat-manfaat di atas, terdapat hal-hal yang perlu diikuti untuk menciptakan branding yang efektif. Suatu perusahaan perlu memikirkan strategi pada saat melakukan branding agar branding yang diinginkan dapat mencapai titik sasaran. Untuk dapat menciptakan branding yang diinginkan dan bersifat kuat, terdapat beberapa strategi atau cara yang bisa dilakukan, diantaranya sebagai berikut.

  • Menciptakan Logo yang Memiliki Makna Kuat

Desain dan warna dari logo merupakan salah satu yang terpenting dalam branding karena secara tidak langsung logo tersebutlah yang akan mewakili suatu bisnis. Tidak dapat dipungkiri bahwa hal pertama yang akan dilihat, baik itu calon customer maupun calon partner adalah logo. Oleh karena itu, sebaiknya suatu perusahaan atau bisnis menciptakan logo dengan makna yang menggambarkan perusahaan atau bisnis tersebut.

  • Menciptakan Tagline yang Tepat

Tagline merupakan pesan singkat yang menggambarkan suatu produk yang sedang ditawarkan oleh perusahaan atau bahkan menggambarkan keseluruhan dari perusahaan. Oleh karena itu, pemilihan tagline harus benar-benar sesuai dengan apa yang ingin perusahaan perkenalkan atau berikan kepada target pasarnya.

  • Menerapkan Branding pada Keseluruhan Aktivitas Bisnis

Branding dari suatu perusahaan atau bisnis akan terlaksana dengan baik jika semakin dikenal oleh masyarakat luas. Untuk merealisasikan hal tersebut secara efektif dan efisien, perusahaan atau bisnis dapat mencantumkan logo atau tagline dari perusahaan pada setiap produk yang dipasarkan dan juga ditempatkan pada setiap acara yang sedang dilaksanakan oleh suatu perusahaan atau bisnis. 

  • Menerapkan Kampanye

Kampanye kepada masyarakat luas bisa menjadikan brand image suatu perusahaan atau bisnis lebih dikenal. Terlebih, saat ini kampanye tidak lagi hanya dilakukan secara offline atau langsung, melainkan kampanye juga bisa dilakukan secara online melalui social media yang dimana membutuhkan lebih sedikit biaya dan jangkauannya pun lebih luas.

  • Konsisten

Kunci dari kesuksesan suatu branding perusahaan atau bisnis adalah konsisten. Branding yang dilakukan secara konsisten pastinya akan lebih optimal dan efektif. Sebaliknya, jika branding hanya dilakukan sekali-sekali, maka tidak akan menjadi efektif karena masyarakat bisa saja lupa jika tidak diingatkan secara terus-menerus terkait brand dari suatu perusahaan.

Dapat disimpulkan bahwa strategi branding dalam perusahaan memiliki peranan yang sangat penting. Setiap perusahaan harus menyusun dan menerapkan strategi branding dengan baik untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis, apalagi saat ini kita berada di zaman yang modern dimana segala sesuatunya sudah memanfaatkan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), machine learning, dsb. Dengan begitu perusahaan harus memiliki strategi dalam menyusun brandingnya agar dapat bersaing secara kompetitif dalam dunia bisnis dan tidak kalah saing dengan kompetitor-kompetitor yang ada. 

 

Disusun oleh Divisi Entrepreneurship, Kemanggisan

  • Linda Dwi Kamilia 
  • Nurul Yanuaristy
  • Nabila Oktaviani

 

Referensi

Didy, Irene. 2022. “Strategi Branding: Arti, Elemen, Manfaat, Cara Melakukan, Contohnya”. Diakses dari https://glints.com/id/lowongan/strategi-branding/#.Yo9LsahBzIU, pada 26 Mei 2022, pukul 17.30 WIB. 

Saretta, Irene Radius. 2021. “Mengenal Branding dan Manfaatnya dalam bisnis”. Diakses dari https://www.cermati.com/artikel/mengenal-branding-dan-manfaatnya-dalam-bisnis, pada 26 Mei 2022, pukul 17.30 WIB.