Gabut, Ingin Tetap Produktif di Tengah Self-quarantine Saat Ini?

Meskipun sekarang serba di rumah aja, bukan berarti kita cuma bisa malas-malasan, ujung-ujungnya tidak menghasilkan apapun bukan? Nah, beberapa hal berikut bisa kita lakukan agar tetap produktif selama di rumah aja nih temen-temen:

  • Perbaiki jam tidur
    Coba deh, kalian perhatikan jam tidur kalian, kira-kira udah ideal belum sih? Tubuh yang kurang tidur dan istirahat tanpa kita sadari dapat menurunkan produktivitas loh. Idealnya, tubuh kita butuh tidur dengan durasi 7 hingga 9 jam dimulai dari pukul 10 atau 11 malam, kemudian bangun pada pukul 6 pagi. Menjadi morning person banyak keuntungannya loh, lebih semangat memulai hari dan lebih punya banyak waktu juga untuk beraktivitas. Begadang hanya membuat tubuh kita mudah lelah di keesokan harinya. Apalagi, bangun terlalu siang karena begadang, waktu untuk beraktivitas berkurang, dan malah cenderung malas-malasan  (mager).
  • Workout
    Kebanyakan dari kita memang kaum mageran ya ga sih apalagi untuk workout. Tapi coba pikirin deh, emangnya gamau punya badan yang fit dan sehat? Workout yang baik, rutin, dan yang pastinya ga terlalu memaksa, ampuh banget loh ngebuat tubuh kita fit, seger, dan ngebentuk badan juga guys. Jangan lewatin warm up sebelum mulai dan cool down setelah workoutnya yah, ini penting banget mentemen.

  • Temukan passion
    Teruntuk kalian yang belum bisa menentukan atau bahkan belum bisa menemukan aktivitas apa yang kalian senengin, coba deh mulai sekarang telusuri minat kalian yang sebenarnya. Mungkin bisa dimulai dengan mengetahui hobi terlebih dahulu. Di bidang apa kalian merasa mampu atau bahkan ahli, misalnya kalian merasa bisa menggambar, coba deh perdalam teknik-teknik menggambarnya, sampai kamu ngerasa kalau menggambar itu ngebuat kamu seneng, gak bosen, dan yang terpenting kalian tidak terbebani dengan itu. Nah, kalau kalian emang udah nemuin passion kalian, selami dan tekuni itu, dijamin kalian bakal ngerasain kebanggaan sendiri jika nantinya kalian bisa ngehasilin sesuatu dari minat kalian itu. Bisa produktif melalui kegiatan yang kita sendiri senengin, menyenangkan bukan?

  • Belajar dan Mulai Bisnis Makanan
    Ga bisa masak bukan masalah buat kalian yang pengen buat bisnis makanan, karena semua butuh belajar bukan? Tips aja nih, coba deh belajar ngebuat cake atau sejenisnya, kalau enak, jual deh, mulai bisnis buat brand yang unik dan mudah diingat orang-orang. Ingat agar selalu konsisten dengan rasa dan kualitas dari produk yang dihasilkan. Karena, gak lucu kan kalo orang-orang udah pada suka cake kalian, terus tiba-tiba rasanya berubah dan pelanggan kalian pada lari? Oh ya, kebetulan semasa self-quarantine gini, pasti banyak dong orang-orang yang seneng ngemil. Tentu ini sebuah kesempatan dong dan yang terpenting sediain jasa delivery guys, biar pelanggan kalian gak ribet belinya.

  • Reseller Online Shop
    Menjadi reseller tentunya jauh lebih mudah dibandingkan dengan memproduksi sendiri. Temukan supplier yang benar-benar trusted mulai dari pelayanannya sampai pada kualitas produk itu sendiri. Jangan sampai tergiur dengan harga murah namun malah mendapat produk yang tidak memuaskan.

  • Join Seminar dan Workshop Baik dalam Maupun luar Kampus
    Semuanya serba online nih, jadi meski di rumah aja bukan berarti gak bisa ngikutin kegiatan-kegiatan seperti seminar dan workshop guys. Selain menambah pengetahuan dan wawasan, ini juga menambah pengalaman kalian loh, dan kebanyakan dari kegiatan tersebut menyediakan  sertifikat untuk partisipannya yang pastinya bermanfaat buat kita kedepannya.

  • Nonton Film
    Sadar gak sih, dengan nonton film-film tertentu terkadang dapat memperluas wawasan kita loh. Apalagi, film-film yang based on true story, sejenis documentary, biography, historical, dan sebagainya. Mungkin bagi sebagian orang tertentu, film sejenis ini terdengar membosankan, namun, nyatanya banyak sekali pelajaran tersirat yang dapat dipetik dari cerita di film tersebut. Beberapa hal yang kita tidak pernah tau sebelumnya, menjadi tau setelah menonton film tersebut. Sebenarnya, genre-genre film yang lain juga banyak yang bermanfaat loh, bahkan yang bergenre drama, comedy, dll., yang sebenarnya mengandung banyak pesan tersirat yang dapat dijadikan pelajaran.

  • Belajar Bahasa Asing
    Siapa yang tidak ingin bisa menguasai banyak bahasa di seluruh belahan dunia. Kita pastinya memiliki lebih banyak waktu renggang saat self-quarantine ini, yang bisa dimanfaatkan untuk memperdalam belajar bahasa asing nih temen-temen. Nonton film dengan bahasa yang sedang kalian pelajari sangat membantu loh. Misalnya kalian lagi belajar bahasa Spanyol, coba deh nonton film-film spanyol sering-sering. Sangat membantu untuk ngelatih listening dan pemahaman kalian loh. Asik bukan, bisa belajar sesuatu dari nonton film?

Semoga bermanfaat!

Indah Novita
Divisi PR Kemanggisan