Wirausahawan yang Memberdayakan Masyarakat Kecil

Eddy Cahyadi adalah sosok entrepreneur dan sosok Eddy ini patut diteladani. Eddy Cahyadi sangat aktif di dunia bisnis online dan ia memberdayakan Usaha kecil Menengah Mikro (UKMN) dalam menjalakan bisnisnya. Eddy juga memiliki akun komunitas prestigeholics, yaitu komunitas yang terkenal di kalangan anak-anak remaja Indonesia.

Ada hal yang membuat Eddy Cahyadi berbeda dengan entrepreneur lain yaitu cara berpikirnya yang out of box. Eddy menggunakan soft selling method dengan memanfaatkan akun komunitasnya untuk meningkatkan brand awareness dari produk-produk yang dijualnya secara tidak langsung, dan pun memberitahu bahwa ia telah memiliki leboh dari 40.000 konsumen tetap.

Ia adalah orang yang cukup rajin karena selain ia menjalankan bisnis online, Eddy suka membuat blog di website pribadinya, ia juga orang yang baik dengan mebrikan training dan edukasi buat UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Ia juga terkadang menjadi pembicara dalam beberapa kuliah dan pembicara dalam acara yang bertemakan digital marketing, mungkin karena ia bagus dalam memasarkan produknua.

Eddy tidak hanya memikirkan keuntungan untuk dirinya tetapi lebih mengarah kepada pemberdayaan masyarakat kecil. Ia membiayai alat-alat yang dibutukan agar membantu UMKM kecil. Ia juga mengedukasi bagaimana membuat suatu produk dengan standar kualitas yang baik.

Ia juga memberdayakan mahasiswa yang tidak mempunyai biaya kuliah dengan menjadikan admin dikomunitasnya. Melatih mengenai pembuatan digital content dan menggunakan media digital dalam berbisnis juga diberikan kepada mereka. Hal tersebut bisa membuat mereka akan menjadi tenaga kerja terlatih setelah lulus nantinya.

Eddy Cahyadi juga memiliki pengalaman membantu marketing project perusahaan-perusahaan besar pada saat kuliah di Inggris. Ia juga pernah menjadi salah satu top entrepreneur versi LINE pada tahun 2017 dan komunitas yang ia bangun juga masuk dalam top akun blogger versi LINE pada tahun 2017.

Sosok seperti Eddy Cahyadi harus diteladani karena dia seorang entrepreneur yang menjalankan bisnisnya dan juga memperhatikan aspek sosial di masyarakat.

Source: https://www.kompasiana.com/rita41223/5f3e5ad273b08766cb5f8923/eddy-cahyadi-entrepeneur-yang-memberdayakan-masyarakat-kecil

Sahnas
Divisi Public Relation Bekasi