Sejarah Sanda

Hai hai! Balik lagi nih sama kita, apakah kalian masih rutin menjalani latihan kalian? Semoga ya masih rutin! Kita balik lagi nih buat berbagi info info menarik. Kali ini, info kita adalah sejarah Sanda/ Sanshao

Seperti yang kalian ketahui, Sanda merupakan salah satu beladiri Cina yang diketahui juga sebagai Chinese kickboxing. Sanda/ Sanshao juga pernah menampilkan diri di Asean Games loh! Walaupun namanya kickboxing, jangan disamakan dengan Muay Thai yaa, Muay Thai dan Sanda jelas memiliki keunikannya satu sama lain. kalau Muay Thai sangat handal dalam serangan lutut dan sikutnya, Sanda sangat handal dalam takedownnya.

Kalian tahu tidak sih kalau Sanda itu sebenarnya pertama kali muncul dari militer Cina? Sanda merupakan beladiri yang dikembangkan oleh militer cina dengan gabungan Kungfu traditional dan Teknik tempur pertarungan modern. Seperti kickboxing, gulat, takedowns, sweeps, counter, dan bahkan ada menggunakan sikut dan lutut tetapi tidak seperti Muay Thai.

Sekarang, Sanda memiliki dua jenis, Sanda untuk bidang sport dan Sanda untuk bidang militer. Perbedaan antar itu dua sangatlah jelas, Sanda untuk bidang militer tidak memiliki aturan sama sekali, mereka memperbolehkan pukulan ke organ sensitive, menginjak, menendang musuh yang terjatuh, dan sebagainya. Sedangkan Sanda untuk bidan sport tidak memperbolehkan menyerang ke organ sensitive dan menyerang musuh yang terjatuh.

Sanda di bidang sport sendiri memiliki dua tingkat, yakni Sanda untuk amatir dan Sanda untuk professional. Untuk yang amatir, mereka tidak diperbolehkan melakukan serangan sikut dan lutut, memakai protective gear merupakan kewajiban untuk para amatir. Sedangkan para petarung yang sudah professional diperbolehkan untuk menyerang memakai sikut dan lutut, mereka juga diperbolehkan untuk tidak memakai protective gear.

Begitulah sejarah Sanda, bagaimana? Seru kan? Jangan lupa untuk melihat latihan Sanda kalau tertarik yaa, begitu saja dari kita. Sekian, and stay save yaa all!!!