Sejarah Wushu Dunia dan Indonesia

          Wushu telah ada seiring majunya dinasti di Tiongkok, maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa Wushu adalah olahraga yang tua dan memiliki banyak sejarah. Singkat cerita, pada tahun 1949 pemerintah Tiongkok berusaha mensosialisasikan dan menjadikan Wushu sebagai seni beladiri tradisional dari Tiongkok. Pertandingan internasional Wushu pertama kali digelar pada tahun 1985 di Xi’an, China, yang terbagi menjadi dua disiplin ilmu yaitu taolu dan sanda. Kemudian, International Wushu Federation (IWUF) didirikan secara resmi pada tanggal 3 oktober 1990.

          Sejarah Wushu di Indonesia sendiri sebetulnya sudah dikenal sejak lama, hanya saja dahulu Wushu lebih dikenal sebagai Kungfu hingga pada 10 November, KONI pusat meresmikan PB Wushu sebagai wadah bagi banyaknya organisasi Wushu dan Kungfu di seluruh Indonesia tepat menjelang SEA Games XVIII Singapura.

          Keberlangsungan Wushu di Indonesia cukup memukau dengan lahirnya para atlet-atlet yang mengharumkan nama bangsa seperti Edgar Xavier Marvelo, Harris Horatius, Lidswell Kwok, dan lain-lain.

 

Bukan hanya dari seninya, Wushu juga memiliki seni terapan yaitu kelas sanda

 

Jadi… apakah kalian tertarik dengan Wushu?