Kisah Nyata : Sembuh dari asma? Apakah mungkin? Dan berprestasi?


Wushuviewer pasti penasaran, bagaimana bisa sembuh dari asma dan menjadi anak berprestasi??? Rasanya hal yang mustahil ya. Tapi ini kisah nyata dari salah satu atlit kebanggaan Wushu Binus lho. Pasti wushuviewer sudah mendengar namanya bahkan mengenal, siapa lagi kalau bukan Ario Bijak Prabawa. Pada penasarankan? Yuk simak kisah lengkapnya.

“Awal aku pengen cari kegiatan diluar sekolah tapi aku punya asma jadi agak susah buat ikut kegiatan berat. Pertama ketemu wushu thu pas main senayan, disana lagi ada yang latihan Wushu, lalu aku bilang ke orang tua pengen ikut karena terlihat menarik dan aku diberitahu Wushu bisa membantu penyembuhan asma. Mulai saat itu aku ikut kelas Wushu, kalau tidak salah saat umur 7 atau 8 tahun gitu” jawab Ario.

Selama latihan bertshun-tahun, pada umur 10 tahun Ario diberi kesempatan untuk mengikuti kejuaraan. Kejuaraan yang pertama diikuti itu tingkat provinsi dan berlanjut ketingkat internasional hingga saat ini. Sudah banyak prestasi yang sudah Ario toreh, baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Kurang lebih sudah 11 tahun sudah mempelajari Wushu. Aku sudah pernah ikut lomba di Beijing saat usia 12 tahun, disana aku mendapatkan 2 mendali emas dan 1 mendali perak, lalu 2014 kemari aku mengikuti lomba di hongkong, berhasil membawa pulang 4 mendali emas serta yang terakhir di Malaysia aku berhasil mendapatkan 2 mendali emas,” tambah Ario.

Ario mempelajari Wushu mulai dari nol, sama seperti kebanyakan orang, Ario juga mengalami banyak kesulitan saat mempelajari Wushu. Salah satu tantangan yang harus di hadapi Ario yaitu cara menjaga power dan kelenturan badan. Karena yang didalami Ario adalah seni maka diperlukan konsentrasi penuh sehingga gerakan yang ditunjukkan bisa terlihat indah di mata penonton.

Selain itu, bagi wushuviewer yang ingin belajar Wushu , tapi belum punya pengalaman di bidang olahraga, Ario berikan tips simple biar yakin kalau belajar Wushu itu mudah hanya butuh waktu. “Bagi yang baru mau belajar Wushu, jangan menyerah dengan pemanasan dan gerakan kelenturan di Wushu, selalu berusaha dan ingin mencoba terus walaupun belum bisa, selalu berlatih dimanapun kapanpun, kalau masih merasa bingung dengan gerakan, bisa ditanyakan kepada pelatih. Karena Wushu adalah seni beladiri keindahan yang lumayan sulit untuk diadaptasikan pada waktu awal, tapi waktu akan menjawab semua usaha dan kerja  keras wushuviewer” jawab Ario.