PILMAPRES BINUS UNIVERSITY 2024

Pada tanggal 28 Maret 2024, PILMAPRES tingkat Universitas Kembali diadakan di BINUS University melalui LIVE streaming via BINUS TV dan via ZOOM dengan 8 kandidat terbaik yang sebelumnya telah diseleksi dari 8 beberapa fakultas. PILMAPRES tingkat Universitas ini bertujuan mencari satu kandidat terbaik di antara yang terbaik untuk mewakili BINUS University. Acara dibuka dengan doa yang disampaikan oleh perwakilan dari Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. (Vice Rector Student Affairs).

Pada sesi pertama, dilakukan kegiatan Impromptu Speech, dengan Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl. dan Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum., MA. sebagai panelis. Dalam sesi Impromptu Speech final PILMAPRES ini kandidat diberikan topik tertentu. Dilanjutkan dengan kandidat diberikan waktu untuk mempersiapkan tanggapan terhadap topik yang disampaikan, kemudian memaparkan topik tersebut selama 3 menit. Berikutnya kandidat akan menerima sanggahan/pertanyaan dari kandidat lain dan panelis. 

Pada sesi kedua, kandidat melakukan persentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang telah dipersiapkan dari sejak kandidat dinyatakan lolos menjadi Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) tingkat fakultas, didampingi Dosen yang kompeten dalam bidangnya.

Sesi persentasi dipandu oleh dua panelis, yaitu Prof. Dr. Juneman Abraham, S.PSI., M. SI. dan Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. Peserta diberikan waktu 5 menit untuk mempresentasikan KTI dilanjut 5 menit sesi tanya jawab dengan panelis. Berikut adalah inti dari topik yang dibawakan oleh para kandidat:  

  • Shalomita Alessia Warganegara –  Teaching Through The Sk(i)n. Equal access to quality education for transpuans. Ketidaksetaraan akses kualitas edukasi untuk trans minorities. Building A Diverse Culturally Competent Teacher Community.
  • Mathew Christian Dermawan – Jaga pangan – Lingkungan Terjaga, Petani Bahagia, Pengusaha lega. Teknologi berbasis website application untuk media penjualan imperfect produce demi mencapai penguatan dan perluasan ketahanan pangan yang berkelanjutan.
  • Clarissa Setiadi –  Plant Watering Alarm ( Plantera). Petani bahagia karena PLANTERA, inovasi yang JELAS dan CERDAS. Plan Watering Alam (PLANTERA), merupakan alat penyiram otomatis berbasis interner of things, yang fiturnya dapat diaktifkan melalui mobile phone pengguna jika terhubung jarinhan wifi.
  • Jacqueline Abyasa – SiKecil : Bridging Reginal Health Disparties for Mother and Children Across the Nation. SiKecil adalah sistem yang memberdayakan ibu dan anak di wilayag terpencil dengan membawa layanan kesehatan langsung ke orang ; membawa kesenjangan layanan kesehatan saat ini.
  • Jessica Nissi – Batikan – We don’t need to leave our trend choices to preserve the culture in personal fashion. Aplikasi media sosial yang bertujuan untuk mewadahi generasi muda dalam menemukan titik temu antara trend fashion dan batik.
  • Aurelia Bianca Hanjaya – SOS (Susila Osadi Sinudarsana). Aplikasi yang mengantikan 112 call center menintergrasikannya ke level digital. Selain menyediakan layanan lewat telepon, ada juga dslam bentuk pesan untuk pengguna tuli.
  • Ayisha Imana Rahman – Asean AO (sebuah kompetisi tahunan yang mengundang siswa tingkat sekolah menengah atas untuk berkompetisi tingkat regional.)
  • Gisela Jennifer Lazuardy –  Inovasi halte bus dengan teknologi fotobioreaktor mikroalga dan panel surya untuk mengatasi masalah emisi karbon dan polusi udara di jakarta.

Setelah melalui segala rangkaian acara PILMAPRES, hasil PILMAPRES tingkat Universitas yang diadakan oleh BINUS University, sebagai berikut:

Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Ter-favorite BINUS 2024Matthew Christian Dermawan dari BINUS Business School 

Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Terbaik BINUS 2024Aurelia Bianca Hanjaya dari Faculty of Digital Communication and Hotel & Tourism

Selamat kepada Matthew dan Aurelia! Sukses dan semangat selalu untuk seluruh MAPRES BINUS University 2024!

Flavia Angelina Witarsah & Amanda Vilani