GERAKAN BERSIH DESA (GEBERDES) 2024

Spirit of Togetherness, KAMPUS BINUS @MALANG

Gerakan Bersih Desa merupakan upaya yang dilakukan untuk mempromosikan kebersihan dan keindahan lingkungan di wilayah pedesaan. Dalam hal ini TFISC Binus Malang dengan semangat gotong-royong, bergandengan tangan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, dan sehat untuk Daerah Pentungan Sari, Desa ToyoMarto, Kecamatan Singosari, Malang. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari yang dilakukan pada tanggal 09 Februari 2024 hingga 01 Maret 2024 . Gerakan ini diawali dengan memberikan briefing dan juga pelatihan membuat sabun untuk para volunteer. Tidak hanya sebatas membersihkan sampah, kegiatan ini juga melibatkan partisipasi aktif beberapa warga desa dan Volunteer TFISC BINUS Malang untuk menciptakan kebersamaan dan meningkatkan kualitas hidup bersama di lokasi Pentungan Sari. 

Salah satu fokus utama dari Gerakan Bersih Desa adalah pembersihan sampah. Melalui kegiatan gotong-royong, para volunteer membantu masyarakat desa untuk membersihkan lingkungan. Mulai dari pembersihan area gazebo, pendopo, hingga kolam renang. Gerakan ini bukan hanya menciptakan lingkungan yang bersih secara fisik, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sejak dini. Selain itu, adanya kegiatan ini juga merupakan usulan dari pihak Kecamatan Singosari sebagai bentuk pengembangan destinasi wisata rintisan untuk mendukung progam SDG’s desa. Hal ini merupakan bentuk partisipasi desa untuk progam pengembangan SDG’s nasional yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia di masa yang akan datang.

Gerakan Bersih Desa tidak hanya berfokus pada kegiatan fisik berupa pembersihan lingkungan, melainkan juga memberikan makna kebersamaan bagi para volunteer dan masyarakat Desa Toyomarto melalui kegiatan gotong royong. Banyak hal yang bisa dipelajari selama kegiatan ini berlangsung, warga desa menyambut kehadiran volunteer dengan sangat baik. Melalui kegiatan ini, mereka mengungkapkan rasa terima kasih atas kepedulian Volunteer TFISC BINUS Malang terhadap kondisi lingkungan dan kebersihan wilayah Desa Toyomarto. Dengan demikian, Gerakan Bersih Desa bukan hanya sebuah kegiatan tanpa makna, tetapi juga sebuah perjalanan menuju pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan melibatkan seluruh komunitas desa dalam prosesnya.