PKMM : Pengabdian Masyarakat Untuk Memajukan UMKM di Malang 2023

“Understanding, Empowering, Serving”

Teach For Indonesia Student Community melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah Kota Malang, Jawa Timur. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Malang (PKMM) ini melibatkan volunteer mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan di BINUS University, serta beberapa pemilik UMKM di Kota Malang. Acara ini dilakukan dengan tujuan sebagai wadah penyaluran kemampuan para volunteer TFISC untuk membantu UMKM dalam meningkatkan usaha yang mereka miliki. Periode acara berlangsung dari tanggal 2 Oktober 2023 hingga 14 Oktober 2023, mencakup pengamatan ke lapangan dan juga presentasi hasil kerja kepada UMKM.

Acara ini dimulai dengan kegiatan Technical Meeting (TM) pada tanggal 30 September 2023 melalui media zoom. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan secara onsite oleh masing-masing kelompok pada tanggal 2 Oktober 2023 hingga 7 Oktober 2023, dimana mahasiswa melakukan kunjungan kelokasi UMKM yang sudah disepakati sebelumnya. Pada kegiatan PKMM ini terdapat empat UMKM yang terlibat, diantaranya adalah Yust Collection, Sahawood, Dinara Wooden Heels, dan Lurik’e Gendhuk. Melalui acara ini, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh volunteer TFISC, diantaranya adalah pembuatan katalog, pengambilan foto dan video promosi, serta pembuatan media sosial untuk UMKM. 

Selama kegiatan ini berlangsung, banyak sekali cerita dan pengalaman yang didapatkan oleh panitia, volunteer, dan juga pemilik UMKM. Kami saling bertukar cerita terkait kendala dan ilmu yang dimiliki oleh UMKM tersebut. Setelah kegiatan ini usai, diharapkan hasil karya mahasiswa dapat menjadi hal positif yang bisa dipergunakan untuk kemajuan UMKM. Setiap volunteer tidak hanya menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada UMKM, tetapi juga mendapatkan ilmu baru yang bisa disimpan untuk implementasi di dunia kerja kedepannya.

Banyak sekali hal tak terduga yang terjadi pada saat kegiatan pengamatan berlangsung. Mulai dari jadwal perkuliahan yang bertabrakan dengan jadwal kerja pemilik UMKM, kesalahpahaman antar anggota kelompok selama pengambilan konten, hingga tanggal acara yang harus dijadwalkan ulang akibat pemilik UMKM yang harus menghadiri acara dari Pemerintah Kota Malang. Meski begitu, melalui adanya komunikasi yang baik antara pihak UMKM, volunteer, dan panitia seluruh rangkaian kegiatan PKMM pada akhirnya dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Sebagai bentuk penutup rangkaian acara PKMM, kami mengadakan kegiatan presentasi melalui zoom pada tanggal 13 Oktober 2023 dan 14 Oktober 2023. Melalui sesi ini, kelompok volunteer mempresentasikan hasil kerja dari pengamatan mereka, sedangkan pihak pemilik UMKM dapat memberikan umpan balik terkait hasil presentasi tersebut. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak pemilik UMKM yang telah bersedia menjadi partner kami untuk menyediakan tempat dan juga waktu bagi volunteer. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua volunteer yang sudah bersedia terlibat untuk memeriahkan acara dan membantu memajukan UMKM di Kota Malang.

Viona Yuliani Putri