ECO-HEROES 2023

“Langkah Kecil, Perubahan Besar: Kesehatan dan Lingkungan yang Lebih Baik!”

Eco-Heroes merupakan salah satu salah satu program kerja TFISC yang memberikan edukasi kepada anak-anak di Panti Rawat Tunagrahita Tri-Asih mengenai dampak polusi terhadap kesehatan mereka serta memberikan informasi cara melindungi diri dari polusi udara. Dengan mengetahui mengenai polusi udara, program kerja ini diharapkan akan mendorong anak-anak untuk ikut berkontribusi meningkatkan kualitas udara di area sekitar kita. Semua itu untuk menciptakan dunia yang lebih baik untuk kita semua.

Eco-Heroes 2023 akan diadakan pada tanggal 22 Oktober 2023 di Panti Rawat Tunagrahita Tri-Asih dimana panitia Eco-Heroes sudah mempersiapkan acara-acara seru untuk 55 anak di panti rawat tunagrahita Tri-Asih . Kepanitiaan Eco-Heroes 2023 beranggota 17 orang aktivis TFISC yang sudah merencanakan segala keperluan acara. Panitia juga membuka open donation pada tanggal 16 Oktober – 21 Oktober yang bertujuan untuk mengumpulkan donasi yang kemudian diserahkan ke pihak Panti Panti Rawat Tunagrahita Tri-Asih serta memberikan kesempatan bagi teman-teman Binusian untuk ikut berkontribusi dan membantu anak-anak di Panti Rawat Tunagrahita.

Pada 22 Oktober 2023, panitia dan pengurus berkumpul di Binus Alam Sutera pada jam 08:00 dimana PM melakukan briefing kepada panitia mengenai tata tertib dan kelangsungan acara. Kemudian panitia dipandu ke transportasi yang digunakan untuk sampai ke lokasi panti. Setelah tiba di lokasi, panitia akan menemui perwakilan pihak yayasan dan melakukan persiapan yang diperlukan untuk melaksanakan acara Eco-Heroes 2023.

Eco-Heroes 2023 dibuka dengan kata sambutan dan perkenalan dari MC dimana anak-anak dari panti  dapat mengenal kakak panitianya lebih baik. Sebelum dilanjutkan ke bagian acara berikutnya, panitia akan mengajak anak-anak panti rawat tunagrahita untuk doa bersama yang dipimpin oleh MC supaya acara dapat berjalan dengan lancar.

Setelah bagian pembukaan, panitia akan melanjutkan acara dengan presentasi dari panitia UKM Binus. Materi yang diberikan berupa video animasi yanh diharap dapat menangkap perhatian anak-anak dan menjelaskan kepada mereka dampak polusi terhadap kesehatan mereka serta cara untuk melindungi dari polusi udara. Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mewarnai dimana panitia mengajak anak-anak untuk mempraktikkan materi yang sudah dibahas dengan melakukan kegiatan mewarnai dan interaksi antar sesama. Setelah itu, panitia dan anak-anak Panti Rawat Tunagrahita serta perwakilan dari Yayasan Tri-Asih melakukan foto bersama sebagai bentuk dokumentasi kegiatan.

Sebelum acara ditutup, panitia akan memberikan hasil donasi yang telah dikumpulkan panitia ke pihak Yayasan Tri-Asih. Kemudian, panitia juga akan memberikan konsumsi yang telah disediakan panitia kepada seluruh anak-anak panti rawat tunagrahita. Setelah itu, acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari panitia kepada pihak Yayasan Tri-Asih dan juga kepada anak-anak Panti Rawat Tunagrahita Tri-Asih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menyelenggarakan acara Eco-Heroes 2023.

Chris Richardson