Pemanfaatan Bahan Baku Organik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Source:https://www.google.com/www.kompas.pupuk-organik-terbaik-untuk-tanaman-bisa-dibuat-sendiri-di-rumah

Seperti yang kita sudah ketahui, bahan organik memiliki banyak manfaat terhadap kesuburan tanah. Sifat yang dimiliki oleh tanah, baik dari sifat kimia, fisik, maupun biologi dipengaruhi oleh bahan organik. Bahan organik merupakan unsur penting dalam kehidupan di dalam tanah dalam pemenuhan kebutuhan mengenai hara dan energi. Bahan yang berasal dari makhluk hidup, baik dari tumbuhan maupun hewan disebut bahan organik. Bahan-bahan ini dapat berasal dari daun, batang, akar, bunga, buah, daging, telur, dan kotoran. 

Beberapa cara pemanfaatan bahan baku dalam kehidupan sehari hari yaitu:

 

  • Dapat diolah menjadi kompos dan pupuk sederhana
    Sebagaimana kita ketahui, sampah organik dapat dijadikan kompos, namun masih banyak yang belum tahu cara pengolahannya dan dimanfaatkan untuk pertanian, sebab butuh ketelatenan dan melalui tahapan yang benar. Apabila tidak telaten, sampah organik bisa diolah menjadi pupuk sederhana. Hanya diperlukan suatu lubang untuk pembuangan sampah organik di tanah dan tunggu hingga membusuk hingga menyerupai tanah. Unsur hara yang dihasilkan tersebut dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman.

  •  Tambahan Pakan Ternak
    Sampah organik yang berbentuk dedaunan dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti kambing, sapi dan hewan herbivora lainnya. Selain itu, dapat juga dibuat menjadi pelet untuk makanan ayam dan ikan.

  • Dapat dijadikan kerajinan tangan
    Beberapa sampah organik dapat dijadikan produk yang memiliki nilai jual, seperti enceng gondok yang sudah dikeringkan dan dibakar dapat diolah kembali menjadi tas. Selain itu, batok kelapa yang umumnya hanya digunakan sebagai bahan bakar, dapat juga dijadikan sebagai peralatan masak seperti centong, cangkir, dll.

Source: https://www.google.com/https.bukabukumu.comkerajinan-dari-limbah-organik

 

  • Dapat dijadikan Biogas dan listrik
    Sampah organik dari tahu, tempe dan kotoran hewan dapat dijadikan bahan utama untuk membuat biogas. Cukup sediakan wadah tertutup yang dapat dijadikan penampungan gas dan ditambahkan air serta diaduk untuk mempercepat proses pembuatannya. Selain itu, dapat juga ditambahkan decomposer untuk mempersingkat waktu pembuatan, karena apabila hanya menggunakan air butuh waktu lebih dari dua minggu.

Berdasarkan data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada tahun 2021 terdapat sekitar 18,2 juta ton sampah yang ada di Indonesia yang dimana hampir 60% dari total sampah tersebut merupakan sampah organik. Pada bahan baku organik, terdapat istilah biomassa yang merupakan bahan organik yang berasal dari tumbuhan dan dapat dengan mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, banyak biomassa yang semakin banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu contohnya adalah sebagai bahan pembuatan biodiesel (bahan bakar) yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, di masa pandemi Covid-19 juga banyak masyarakat yang mulai mengolah limbah rumah tangganya sendiri, seperti sisa-sisa sayur, buah, dan lainnya menjadi pupuk organik yang dapat digunakan untuk berkebun.

Pengaruh lingkungan hidup terhadap pemanfaatan bahan baku organik sangat besar, dikarenakan pemanfaatan bahan baku organik sangat bergantung pada lingkungan hidup disekitar. Jika lingkungan disekitar tidak memiliki ketertarikan dengan produk berbahan baku organik, maka akan menyulitkan perkembangan dari upaya pemanfaatan bahan baku organik. Kemudian jika lingkungan sekitar memiliki pengetahuan yang kurang terhadap kegunaan bahan baku organik, maka bahan baku organik dapat menjadi limbah yang tidak terorganisir dengan baik yang dapat merusak lingkungan. Maka dari itu, pemanfaatan bahan baku organik harus didukung dengan pengetahuan dan sosialisasi terhadap lingkungan sekitar agar upaya dapat dilakukan dengan maksimal dan dengan meningkatnya pengetahuan tentang pemanfaatan bahan baku organik juga dapat membantu mengorganisir limbah-limbah organik seperti sisa sayuran, buah, dan lainnya yang jika diolah dengan baik dapat menjadi pupuk organik dan kertas-kertas seperti koran yang dapat dijadikan produk kerajinan.

Di atas sudah dikatakan bahwa banyak sekali manfaat dari bahan baku organik yang sudah tidak terpakai, seperti contoh, kompos, pakan ternak dan biogas. Saat ini terdapat biodiesel yang menggunakan biomassa sebagai bahan baku organik. Banyak pengolahan bahan baku yang dapat menghasilkan bahan-bahan atau barang-barang yang bermanfaat, sehingga dibutuhkannya keterampilan masyarakat dalam melakukan hal tersebut. Lingkungan akan mudah rusak jika bahan baku organik tidak dilakukan dengan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, mari kita menjaga lingkungan dengan mengolah bahan baku organik agar menghasilkan barang yang lebih bermanfaat.

References:

 

Stephanie Octoria Aferlianta, Salsabila Oktariana Andati Arring, Nadia Almaretha Soeharto, Putri Rosmadhita