PKM BEKASI 2022: “What We Save, Save Us”

PKM BEKASI 2022: “What We Save, Save Us”

Teach For Indonesia Student Community (TFISC) memiliki Program Kegiatan yang bernama Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diadakan di berbagai kampus, seperti salah satunya pada Kampus Binus Bekasi. Tema yang diangkat dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Bekasi tahun ini adalah “What We Save, Save Us”, yang memiliki makna bahwa apa yang kita selamatkan hari ini dengan menjaga Bumi kita itu akan menyelamatkan kita semua untuk kedepannya. Rangkaian acara ini dibalut dengan aktivitas yang seru, menambah pengetahuan dan tentunya sangat menarik. Dengan acara ini, kami berharap dapat menumbuhkan rasa Tanggung Jawab terhadap Lingkungannya.

Acara ini berlangsung pada hari Senin, 19 September 2022 di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) yang dimulai dari pukul 13.00 WIB sampai 15.06 WIB.

Pada kegiatan ini acara dibuka dengan berdoa bersama, lalu dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Kak Anandia Jazzy Ajaria selaku Ketua Regional of TFISC periode 2022 dan Kak Raihan Daffa Maulida selaku Project Manager Pengabdian Kepada Masyarakat  (PKM) Bekasi 2022. Sebelum memasuki acara Intinya, tentunya kami semua selaku panitia berkenalan terlebih dahulu kepada Anak-anak SAAJA, karena Tak kenal maka tak sayang. Selanjutnya memasuki Materi mengenai pentingnya menjaga bumi kita yang dibawakan oleh para panitia PKM 2022. Melalui sesi ini, kami harap para Anak-Anak SAAJA menjadi lebih peduli untuk menjaga Lingkungan Sekitar.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi bermain games dengan memberikan pertanyaan seputar materi yang sudah dibahas sebelumnya dan tentunya ada berupa hadiah yang akan diberikan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Kegiatan Menanam pohon bersama, pada sesi ini para panitia PKM mengajarkan Anak-anak SAAJA menanam bibit cabai di polybag yang nantinya bibit cabai ini boleh dibawa pulang. Melalui sesi ini, diharapkan anak-anak SAAJA untuk kedepannya sudah tau bagaimana cara menanam dengan benar dan baik.

Sebelum acara berakhir, kami para panitia memberikan bingkisan kepada anak-anak SAAJA sebagai kenangan-kenangan atau tanda terima kasih kita terhadap mereka yang telah mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir. Setelah memberikan bingkisan dan menutup acara ini, kita membaca doa bersama. Tak lupa juga kami memberikan sebuah plakat kepada SAAJA dan acara pun ditutup dengan sesi dokumentasi.

 

Nur Riszkia