8 TIPS MEMBELI PAKAIAN BEKAS

 

Akhir-akhir ini thrift shop mulai ramai lagi. Sebenarnya thrift shop ada di banyak negara seperti Amerika,Jepang,Belanda ,dan lain-lain. Memang ada perbedaan antara thrift store di luar negeri dan dalam negeri dari sisi harga,tempat ,dan perbedaan produk yang dijual. Banyak fashion blogger yang sering membeli barang bekas salah satunya ,yaitu Diana Rikasari. Tempat thrift shop di Jakarta juga ada ,lho! yang paling terkenal adalah Pasar Senen dan Pasar Baru.Tetapi,tidak menutup kemungkinan membeli lewat media sosial salah satunya,yaitu Instagram.tetapi sebelum  kamu membeli pakaian bekas, ada hal-hal yang harus dilakukan terlebih dahulu!

 

Berikut tips dan trik untuk membeli pakaian bekas :

  • Jangan kalap saat melihat harga murah

Salah satu kelebihan pakaian bekas yaitu harganya murah. Tapi jangan sampai membeli tidak sesuai kebutuhan .  Belilah sesuai kebutuhan dan gaya pribadi kita .

 

  • Pintar tawar menawar

Jadi kita harus bisa tawar menawar ,jika kita sudah membeli baju dalam jumlah banyak maka kita berhak mendapatkan diskon dan bisa juga jika kondisi baju tersebut memiliki kecacatan, maka harga pun otomatis akan ikut turun, misalnya; ada noda di baju atau bajunya robek sedikit maka harga akan berkurang.

 

  • Cek kondisi barang dengan teliti

Bila menemukan kecacatan dalam pakaian tersebut yang parah maka lebih baik beli yang lain akan tetapi jika ada kecacatan tapi masih layak digunakan maka beli saja , dan biasanya harga dari pakaian tersebut akan berkurang, misalnya; baju yang ada noda sedikit maka harga dari baju tersebut akan turun.

 

  • Fokus ke satu toko terlebih dahulu

Jangan pernah sibuk mengunjungi tiap toko akan tetapi, kita  tidak membeli apapun sebaiknya, kita fokus ke satu toko yang menurut kamu itu menarik dan berkualitas, cari dulu sampai dapat barang yang kamu inginkan. Setelah menemukan, maka kamu bisa ke toko tujuan lainnya.

 

  • Selalu cuci pakaian bekas sebelum dipakai

Setelah membeli diusahakan untuk, merendam baju bekas tersebut  dengan air hangat selama seharian saat besoknya baru diangkat dan dicuci. Gunanya direndam dulu untuk mengembalikan warna asal baju dan untuk membersihkan bakteri maupun kotoran yang ada di baju tersebut.

 

  • Cuci menggunakan sabun antiseptik dan pewangi

Ketika kamu sudah merendam baju di dalam air hangat, maka selanjutnya adalah mencuci nya dengan sabun antiseptik. Penggunaan sabun antiseptik akan membuat kuman dan jamur yang masih tersisa pada baju bekas menghilang. Dan tambahkan sedikit pewangi agar aroma yang tidak mengenakkan pada pakain lebih berkurang.

  • Setrika sebelum digunakan

Terakhir sesudah dicuci maka kamu harus meng-setrika pakaian bekas tersebut dengan suhu yang lebih panas dari biasanya. Selain untuk menghilangkan kusut, hal ini akan dapat membunuh bakteri yang terdapat pada bagian-bagian baju yang susah untuk dibersihkan. Tempat-tempat seperti lipatan dan juga saku adalah tempat terbaik dari sarang bakteri .

  • Membawa hand gel dan tisu basah

Beberapa tempat baju bekas biasanya kotor dan terkadang pun baju- baju tersebut ditumpuk dalam satu bak besar, jadi lebih baik kita jaga-jaga membawa kedua barang tersebut. Dikarenakan kita mencari baju dengan tangan kita sendiri jika, tangan kita terkena kuman atau bakteri yang ada di baju tersebut. Maka akan berbahaya bagi tubuh kita sendiri. Inilah alasan mengapa kamu perlu membawa kedua barang tersebut.

Sabrina Chalifah