PEMILIHAN KETUA UMUM TFISC PERIODE 2023 – 2024

Pemilihan Ketua Umum TFISC Periode 2023 – 2024
Your Word Decides Our Future

Pada hari Minggu, 16 Oktober 2022 pukul 09.30 WIB Teach for Indonesia Student Community (TFISC) telah melaksanakan acara Pemilihan Ketua Umum TFISC Periode 2023-2024 melalui Zoom Meetings. Kepengurusan periode 2021-2022 akan segera berakhir, sehingga para aktivis dan pengurus perlu memberikan hak suara untuk menentukan siapa ketua umum periode selanjutnya. Pemilu tahun ini mengangkat tema “Your Word Decides Our Future” dengan suasana seperti saat sidang pengadilan, yaitu serius dan menegangkan. Melalui acara ini, masing-masing calon ketua umum akan memaparkan rencana kerja untuk TFISC, dan menunjukkan kelayakan diri untuk menjadi ketua umum TFISC.

Acara dibuka dengan pembacaan doa serta pengisian absensi oleh kedua MC yaitu Bedria Mashyanda Maail dan Rayven Tjut Malik. Selanjutnya, MC secara singkat mengenalkan masing-masing calon ketua umum. Setelahnya secara berurutan setiap calon memaparkan visi misi, rencana program kerja, dan rencana struktur kepengurusan. Acara dilanjut dengan sesi tanya jawab oleh aktivis, pengurus, dan juga alumni kepada setiap calon ketua umum yang dipandu oleh kedua MC. Masing-masing calon ketua umum diberikan batas waktu selama 3 menit untuk menjawab setiap pertanyaan. Kegiatan selanjutnya adalah debat yang diambil alih oleh moderator, yaitu Shaindrivo M. Syarief. Pada sesi debat, ketiga calon akan melontarkan argumen melawan moderator menggunakan bahasa Inggris, dan setiap calon diberikan batas waktu 10 menit per sesinya. 

  • Presentasi Ricky

  • Presentasi Young Dy Lika

  • Presentasi Angeline Shakila Carazein

  • Sesi Q&A

  • Sesi Debat

Setelah sesi debat berakhir, MC memandu pembukaan dan pengisian link formulir Pemilu Ketua Umum TFISC Periode 2023 – 2024. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi gombal yang dilakukan oleh tim sukses kepada masing-masing calon ketua umum. Acara dilanjut dengan dokumentasi yang dipandu oleh panitia pemilu. Acara berakhir dengan penutupan serta absensi yang dipandu oleh MC. Selain itu,  MC juga menginfokan bahwa waktu pengisian formulir pemilu dibuka sampai pukul 18.00 di hari yang sama. Pengumuman resmi hasil Pemilu Ketua Umum TFISC Periode 2022-2023 akan diumumkan setelah melalui penilaian dan pertimbangan lebih lanjut.

  • Dokumentasi Peserta Sesi 1

  • Dokumentasi Sesi 2

Sesi kedua dilanjutkan pada hari Kamis, 27 Oktober 2022 pukul 13.00 WIB. Setiap calon ketua umum diberikan waktu untuk memaparkan  visi misi, rencana program kerja, dan rencana struktur kepengurusan yang disaksikan oleh pihak TFI (Teach for Indonesia) selama 15 menit. Selanjutnya, pihak TFI akan mengajukan pertanyaan yang harus dijawab oleh masing-masing calon selama 15-20 menit. Sesi tanya jawab oleh pihak TFI ini dipandu oleh Adelia Theodora Bisma dan Vincent Alfacino. Setelah sesi tanya jawab berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pengisian formulir Pemilu Ketua Umum TFISC oleh pihak TFI. Berdasarkan rangkaian pemilihan ketua umum yang telah dilalui oleh para calon, hasil penilaian dan pemungutan suara sudah dihitung dan diakumulasi. Dengan ini, hasil akhir Pemilu Ketua Umum TFISC periode 2022-2023 adalah Young Dy Lika dari regional Alam Sutera.

 

Azwa Safrina