Dampak Pembangunan Infrastruktur Terhadap Lingkungan

Source: https://news.detik.com/kolom/d-5153243/arah-pembangunan-infrastruktur-pada-masa-pandemi

Pembangunan infrastruktur akhir-akhir ini mulai sangat diperhatikan dan sedang banyak dilakukan. Mulai dari pembangunan jalan, gedung, warehouse, dan lain-lain. Contoh konkrit nya seperti pembangunan Jakarta International Stadium dan sirkuit Formula E. Pembangunan infrastruktur ini dilakukan untuk mendukung perekonomian Indonesia terutama masa pandemi seperti sekarang. Indonesia harus membangkitkan ekonominya kembali. Akan tetapi, Pembangunan infrastruktur tidak hanya dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, namun juga harus memperhatikan dampak dari keberlangsungannya terhadap kelestarian lingkungan. Pembangunan infrastruktur dapat memberikan efek berlipat terhadap perkembangan suatu wilayah, penciptaan kesempatan kerja baru dan nilai tambah industri, oleh karena itu pembangunan infrastruktur merupakan kunci terhadap pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara. Efek akibat pembangunan tersebut juga beragam, ada yang positif maupun negatif.

Pembangunan infrastruktur di Indonesia merupakan salah satu cara yang dibuat oleh pemerintah sebagai cara untuk memperluas pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia. namun masih banyak oknum-oknum yang masih tidak terlalu peduli dengan pengertian kelestarian lingkungan demi mementingkan pertumbuhan ekonomi. berdasarkan survei yang ada pembangunan infrastruktur di Indonesia masih sangat minim kesadarannya untuk mempertimbangkan lagi kelestarian lingkungannya. kerusakan akibat perluasan infrastruktur berakibat pada hutan dan perbukitan, gempa,kebakaran hutan, erosi tanah, dan akan membuat satwa yang ada di hutan bermigrasi ke pemukiman penduduk (Baderi , 2018).

Pembangunan Infrastruktur tidak hanya memiliki dampak negatif namun juga memiliki dampak positif dalam membawa perubahan terhadap kondisi ekonomi di daerah sekitarnya. Salah satunya seperti  penyerapan tenaga kerja lokal sebagai cara untuk mengatasi pengangguran daerah (Fatimah dan Kurnia, 2008). Selain itu, dampak positif nya ada dari pengembangan sistem telekomunikasi karena ini akan memudahkan untuk sebagian besar data telekomunikasi yang relatif akan lebih mudah untuk diakses. Dampak positif dari adanya pengembangan telekomunikasi juga akan mempengaruhi pada pertumbuhan PDB dan juga produktivitas tenaga kerja yang meningkat. Selain itu, dampak positif lainnya adalah meningkatkan ekonomi daerah tersebut. Misalnya seperti pembangunan Jakarta International Stadium. selain digunakan untuk kegiatan olahraga yang dapat membuat lahan, Jakarta International Stadium juga dapat menjadi sarana untuk pertunjukan langsung dan dapat meningkatkan pariwisata di daerah tersebut sehingga bisnis seperti hotel maupun pengusaha lainnya yang menjual makanan, minuman, dan juga aksesoris mendapatkan manfaat positif yaitu membuka lahan pekerjaan. Untuk menjaga dampak negatif pembangunan infrastruktur pada lingkungan, pelaksanaan pembangunan harus berupaya meminimalisir atau menghindari dampak negatif terhadap lingkungan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan adalah dengan melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yang berlaku, Melakukan analisis perkiraan terhadap risiko yang akan terjadi sehingga dapat meminimalisir dan menghindari risiko tersebut. Selain itu, pembangunan infrastruktur harus disetujui warga sekitar. Hal ini sangat penting bagaimana diketahui bahwa tidak sedikit warga yang memprotes aksi pembangunan gedung maupun jalan. Banyak masyarakat merasa bahwa mereka digusur dan tidak diberikan tempat tinggal yang baru. Selain itu, beberapa dari masyarakat tersebut jika pindah ke tempat lain, mereka khawatir tidak mendapatkan lapangan pekerjaan.

Singkatnya, mengingat fakta yang ada di lapangan bahwa negara Indonesia belum mengoptimalkan pembangunan infrastrukturnya secara merata. Namun, tetap saja, pembangunan infrastruktur ini pengaruhnya akan dapat dirasakan oleh negara Indonesia. Walaupun memang akan ada dampak negatif yang timbul tapi dampak positif nya jauh lebih signifikan, terlebih jika mengingat akses ke infrastruktur fisik tidak hanya akan mendorong pada pertumbuhan PDB saja, melainkan juga kepada keuntungan sosial. Akan tetapi, Pembangunan Infrastruktur yang baik pastinya akan mengurangi dampak negatif agar tidak ada masyarakat atau daerah yang dikambing hitamkan.


Referensi:

Tibian Emmanuel Gallant Sadenna, Jonathan, Nur Indah Amalia, Jesline Kesya, Intan Fatika Cahyani