Tips dan Trik Menghindari Diri dari Penularan Covid-19

Tips dan Trik Menghindari Diri dari Penularan Covid-19

Angka penularan COVID-19 di Indonesia terus meningkat, menurut Kementrian Kesehatan (Kemenkes) kasus penularan COVID-19 dapat meningkat karena banyak masyarakat yang melakukan silaturahmi atau berkumpul saat Lebaran Idul Fitri, terdapat varian virus baru yang masuk ke indonesia yang diketahui penularannya lebih cepat, dan juga karena protokol kesehatan yang sudah mulai diabaikan oleh masyarakat.

Meningkatnya kasus COVID-19 tentunya memberikan dampak   buruk dan dapat menjadi lebih buruk jika tidak dilakukan pencegahan terhadap penularan COVID-19. Untuk mencegah penularan COVID-19, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan yaitu :

  1. Memakai dua masker. Memakai dua masker memiliki maksud memakai masker kain di atas masker sekali pakai (masker medis).
  2. Mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan menggunakan sabun akan lebih efektif untuk membersihkan bakteri, kuman, dan virus dibanding menggunakan hand sanitizer.
  3. Menjaga jarak. Varian baru COVID-19 memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi dan cepat sehingga kita perlu menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan

Pandemi COVID-19 memang membuat aktivitas kita di luar rumah menjadi terbatas, namun hal itu tidak membatasi diri kita untuk tetap sehat bahkan menjadi lebih sehat selama masa pandemi. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan selama masa pandemi :

  1. Olahraga secara teratur. Olahraga teratur sangat baik untuk kesehatan, menjaga kesehatan jantung, dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain dari itu, olahraga juga dapat membuat badan kita kelihatan lebih segar dan bugar.
  2. Mengonsumsi makanan yang bergizi. Makanan bergizi memiliki peranan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Makanan yang bergizi haruslah memiliki gizi yang seimbang dan mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak baik dan tidak dikonsumsi secara berlebih, dapat juga mengkonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh agar imun sistem kita bekerja dengan baik dan tidak mudah diserang oleh virus.
  3. Tidur yang cukup. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh untuk meremajakan sel-sel yang ada serta membantu dalam melawan infeksi virus bersama dengan pola makan yang baik dan seimbang. Waktu yang ideal untuk tidur adalah 8 – 9 jam per hari.  Jika jam tidur kita kurang, maka emosi negatif kita dapat meningkat 60%.
  4. Mengurangi aktivitas yang berlebih. Aktivitas bisa membuat kita melewati waktu dengan cepat, namun jika aktivitas yang dilakukan terlalu berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk untuk tubuh atau pikiran.Hal ini memungkinkan covid menyerang anda lebih mudah dan mudah menular.

Virus Covid-19 sendiri masih kurang dipercaya oleh masyarakat dikarenakan banyak sekali teori yang beredar. Namun yang pasti, masyarakat harus menghargai protokol yang telah diberikan oleh pemerintah untuk saling menghormati orang yang percaya pada virus tersebut dan berusaha untuk melindungi orang sekitar. Masyarakat harus mulai untuk mengurangi ego mereka untuk kepentingan bersama dan juga untuk menghindari angka kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia. Apabila tips diatas dilakukan secara rutin, maka kita sudah memulai untuk hidup sehat. Marilah kita menjalani protokol dengan baik untuk mengurangi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia!

Referensi :

​​https://news.detik.com/berita/d-5617874/3-analisis-kemenkes-soal-penyebab-kasus-corona-meningkat-drastis

https://www.halodoc.com/artikel/berapa-jam-waktu-tidur-yang-ideal-

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fnasional.okezone.com%2Fread%2F2021%2F06%2F20%2F337%2F2428078%2Fsebaran-covid-19-hari-ini-jakarta-tembus-5-582-kasus-jateng-2-195&psig=AOvVaw3XzGkxYcsN3pNAPNlTXk36&ust=1627915471912000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjhxqFwoTCJCgie-HkPICFQAAAAAdAAAAABAJ

Steven Rianto Wibowo, Adelvia Alexandra, Nila Verawaty, Angelin Anasthasia Halim