Manfaat Penerapan Pola Hidup Vegetarian Bagi Kesehatan Remaja

Source: Sampoerna University

Seiring maraknya kemajuan teknologi di era globalisasi, banyak kemudahan yang bisa dirasakan oleh masyarakat dunia. Namun, kemudahan yang ditawarkan dari perkembangan teknologi tidak selamanya memberikan dampak positif bagi manusia itu sendiri. Pesatnya kemajuan teknologi membuat manusia diberikan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dua orang malah dilimpahkan kepada satu orang saja secara multitasking. Fenomena tersebut menimbulkan dampak yakni fenomena Hustle Culture. 

Fenomena Hustle Culture mampu memberikan dampak buruk pada kesehatan fisik tidak hanya pada kaum lanjut usia saja tetapi juga kaum muda-mudi.  aktivitas padat membuat sebagian orang tidak memperhatikan pola asupan gizi pada makanan mereka dan lebih memilih mengkonsumsi makanan yang praktis (junk food). Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti Obesitas, Diabetes, maupun penyakit komplikasi lainnya. kekhawatiran ini meningkatkan awareness masyarakat terutama kaum muda mengenai pentingnya penerapan gaya hidup sehat terutama pada jenis asupan makanan. Salah satunya gaya hidup sehat yang bisa dijalani adalah menjaga pola makan dengan menjadi vegetarian. 

Source:  cnnindonesia.com

Gaya hidup Vegetarian adalah penerapan pola makan yang dilakukan seseorang yang hanya mengkonsumsi protein nabati saja. Biasanya, seorang vegetarian hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yakni gandum, polong-polongan, biji-bijian, sayuran, buah, maupun jamur-jamuran. Seorang vegetarian akan menghindari mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan untuk menghindari lemak hewani. 

Penerapan gaya hidup vegetarian memiliki segudang dampak positif bagi kesehatan tubuh terutama bagi remaja yang berada di fase pubertas. Di fase tersebut, remaja membutuhkan asupan nutrisi seimbang untuk menunjang perkembangan kognitif, serta organ reproduksi remaja. Tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba menjadi seorang vegan, menerapkan gaya hidup vegan mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

  • Kesehatan tubuh lebih terjaga
    Gaya hidup vegetarian mengharuskan kita membatasi maupun berhenti mengkonsumsi daging dan beralih mengkonsumsi sayur-sayuran maupun buah-buahan memberikan dampak yang baik menjadikan tubuh lebih sehat. Hal tersebut dikarenakan asupan lemak dan kolesterol pada olahan hewani berkurang dan digantikan oleh asupan sayur dan buah yang mengandung nutrisi dan vitamin yang membuat tubuh lebih sehat ketimbang banyak mengkonsumsi daging.
  • Menjaga berat badan ideal
    Kandungan antioksidan dan serat yang melimpah pada sayur-sayuran dan buah-buahan sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Kandungan tersebut yang ada pada sayur dan buah mampu membantu pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga mampu menjaga berat badan tetap ideal.
  • Kulit lebih sehat
    Sayur-sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga pigmen pada kulit. Alangkah baiknya kamu menyantap sayur-sayuran yang masih segar dan mentah seperti lalapan, agar nutrisinya tetap terjaga dan terhindar dari zat jahat (Advanced Glycation Endproducts atau AGEs) yang muncul dari makanan yang dimasak dengan suhu tinggi.

  • Mengurangi resiko kanker
    Penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research menyatakan bahwa seorang vegetarian mampu mengurangi resiko terjangkit kanker perut, usus, pankreas, payudara, rahim, dan ovarium.

  • Pikiran menjadi lebih sehat
    Menjadi vegan dengan mengonsumsi makanan sehat mampu memberikan dampak baik bagi kesehatan pikiran. Hasil penelitian oleh British Journal of Health Psychology yakni asupan makanan sehat yakni sayuran dan buah dapat memberikan banyak energi sehingga membuat perasaan lebih tenang dan bahagia, serta berdampak positif pada mood seseorang.

  • Melancarkan Pencernaan
    Banyak masyarakat sudah berpendapat dan meyakini bahwa sayuran dan buah-buah memiliki serat yang melimpah sehingga mampu melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, menjadi vegan sangat membantu kerja usus dan lambung jadi tidak terlalu berat dalam mengolah makanan dan sari-sarinya.

Sebagai pemula yang ingin mencoba menerapkan gaya hidup vegetarian mungkin akan merasa berat dikarenakan secara bertahap harus mengurangi asupan daging sedikit demi sedikit. Perlu ditekankan bahwa remaja bisa jadi vegetarian tanpa kehilangan banyak nutrisi. Remaja bisa mencari berbagai macam alternatif sumber kalsium dan protein hewani dari berbagai jenis tumbuhan nabati. Contohnya, alternatif pengganti kalsium pada susu bisa digantikan oleh almond maupun sayuran hijau.

Referensi:

 

Lina Selviana, Angel Marcella, Natasya Vernanda, Felicia Callista Stevania