LDK Aktivis 2022 (DAY 1)

“What to seek in Organizational Life to Achieve the Best Potential”

LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) untuk Aktivis TFISC tahun 2022 yang bertema “What to seek in Organizational Life to Achieve the Best Potential” diadakan secara online selama dua hari yaitu pada tanggal 26 – 27 Maret 2022. Tujuan diadakannya LDK Aktivis ini untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan, kemampuan komunikasi, dan mempererat solidaritas dalam berorganisasi sehingga diharapkan para peserta LDK yaitu calon aktivis TFISC dapat memiliki kinerja yang maksimal dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Selama dua hari, Vincent Alfacino dan Bedria Mashyanda selaku MC untuk acara LDK ini memandu serangkaian acara yang telah disusun dengan menarik. Untuk hari pertama dimulai dengan pembukaan yang disertai dengan doa dan dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib yang berlaku selama acara LDK berlangsung. Kemudian sesi berikutnya adalah sambutan oleh Kak Diaz Muhida selaku Section Head of Teach For Indonesia. Setelah itu, sambutan oleh Adelia Theodora Bisma selaku Ketua Umum TFISC terpilih tahun 2022 dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Vanessa Sunjaya selaku Project Manager LDK Aktivis 2022.

Berikutnya, peserta diminta untuk mengisi pre-test terkait materi TFISC dan tanggung jawab sebagai kunci dalam berorganisasi. Sesi selanjutnya adalah pembawaan materi Introduction to TFISC oleh Adelia Theodora Bisma selaku Ketua Umum TFISC untuk menjabarkan penjelasan mengenai visi dan misi TFISC serta program kerja TFISC. Pada sesi ini disertai dengan sesi tanya jawab bagi para peserta LDK untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.

Melanjutkan rangkaian acara, maka sesi berikutnya yaitu peserta dibagi ke dalam breakout room sesuai dengan kelompok masing-masing. Pada sesi ini, peserta akan berdiskusi untuk memecahkan kasus pada case study yang diberikan oleh PIC kelompok. Hasil dari diskusi tersebut nantinya akan dipresentasikan kepada PIC kelompok. Tidak sampai situ saja, panitia acara LDK telah menyiapkan games yang seru yaitu game Guess The Songs, dimana panitia akan memutar lagu dengan tingkat kesulitan yang berbeda untuk ditebak oleh peserta. Jawaban disampaikan peserta melalui Zoom Chat setelah mendengar aba-aba MC dengan menggunakan format jawaban yang telah ditentukan panitia. Setiap perwakilan dari kelompok yang menjawab dengan benar dan menyanyikan reff dari lagu tersebut akan mendapat poin tambahan.

Setelah bermain games yang menyenangkan, dilanjutkan dengan sesi pembawaan materi oleh Kak Wenny Carnika selaku staff TFI dengan tema “Tanggung Jawab sebagai Kunci dalam Berorganisasi”. Pada sesi ini, Kak Wenny menjelaskan mengenai kehidupan berorganisasi dan pentingnya tanggung jawab dalam berorganisasi. Sesi ini disertai dengan antusias dari para peserta dalam sesi tanya jawab untuk mengajukan pertanyaan seputar materi kepada Kak Wenny. Setelah sesi tanya jawab usai, para peserta LDK diminta untuk mengisi post-test untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami materi yang telah disampaikan.

Hampir di penghujung acara LDK hari pertama, panitia mengajak peserta untuk bermain game kedua yang tidak kalah seru, yaitu game Bingo. Dalam game ini, peserta perlu mencari dan harus melakukan selfie dengan barang tersebut. Kemudian foto tersebut akan dimasukkan ke dalam template yang telah dibuat panitia dan MC game Bingo akan menyebutkan barang yang ada dalam list secara acak. Bingo akan tercapai apabila kelompok telah mencoret 5 garis baik secara horizontal, vertikal, ataupun diagonal. Pemenangnya ditentukan berdasarkan kelompok yang lebih dulu mengumpulkan template Bingo melalui PIC kelompok. Untuk menutup acara LDK Aktivis 2022 (Day 1), dilakukan dengan sesi dokumentasi bersama.

 

 

Aurelia Shannon