How Daily Walks Affects Our Overall Health (Mental & Physical)

Sebagai seorang pelajar, kamu pasti menghabiskan hampir seluruh waktumu duduk untuk mengerjakan tugas, kuliah online, atau mungkin.. bermain games online bersama teman-temanmu. Lalu, suatu hari kamu merasa sangat lelah, tidak berenergi, tidak termotivasi untuk melakukan apapun, dan kamu merasa leher dan punggungmu pegal.

Lho? Kok itu mirip denganku ya?’ Jika kamu berpikir seperti itu, kamu perlu menambahkan aktivitas fisik dalam keseharianmu.

Wah, aku mau seperti itu, tapi apakah ada cara yang mudah untuk melakukannya? Aku belum kuat berolahraga berat-berat.. ’Tentu saja! Kamu bisa mulai dengan rutin berjalan setiap hari.

Berjalan? Bukannya kita setiap hari juga pasti berjalan ya?’ Iya, betul. Tapi yang dimaksud di sini adalah berjalan kaki untuk mencapai target tertentu seperti durasi waktu berjalan atau jumlah langkah dan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan kardiovaskuler kita.

Kamu bisa berjalan kaki tanpa menggunakan peralatan yang mahal. Kamu hanya perlu membawa dirimu dan mencari tempat untuk berjalan.

Tapi.. di tempatku gak ada taman / jogging track.. bagaimana dong?’ Tenang, kamu bisa melakukan aktivitas ini di rumah saja, bahkan tanpa treadmill lho! Ada banyak sekali video olahraga berjalan kaki yang tersedia di platform Youtube. Beberapa channel rekomendasi kami adalah Reps to The Rhythm, Walk at Home by Leslie Sansone, dan Sharona’s Hill.

Dengan berjalan kaki, seseorang juga bisa merawat kesehatan mentalnya.  Hal ini dikarenakan jalan kaki dapat meningkatkan endorfin pada otak manusia.  Jika hormon endorphin di otak seseorang meningkat, maka orang tersebut akan merasa lebih bahagia.  Endorfin sendiri merupakan hormon yang secara alami meredakan rasa sakit pada tubuh seseorang.  Hormon ini juga dapat membuat seseorang lebih bisa mengontrol emosinya dan membuat tubuhnya rileks, karena hormon ini sendiri bisa meningkatkan rasa bahagia di otak.  Selain itu, berjalan kaki juga dapat membuat seseorang melawan depresi yang dialaminya sekaligus sebagai sarana meditasi karena dengan berjalan kaki, seseorang memiliki waktu untuk merenung dan melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang mengganggu aktivitasnya.

Berjalan kaki setiap hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan atau mempertahankan tidak hanya untuk kesehatan mental, tetapi juga untuk kesehatan fisik. Karena berjalan kaki setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, beberapa di antaranya yang paling umum adalah meningkatkan energi dan stamina, mengurangi kolesterol, meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan paru-paru (jantung dan paru-paru), mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, dan meningkatkan pengelolaan kondisi seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, dan arthritis, nyeri atau kaku otot, diabetes, memperkuat tulang dan meningkatkan keseimbangan. Seperti dijelaskan di atas, membiasakan berjalan kaki membantu meningkatkan keseimbangan seluruh tubuh dan menjaga kekuatan fisik dan kesehatan dasar untuk melindungi diri dari banyak kuman.

Ini meningkatkan persepsi diri dan harga diri, suasana hati dan kualitas tidur, dan mengurangi stres, kecemasan dan kelelahan.Orang yang aktif secara fisik memiliki hingga 30% penurunan risiko menjadi depresi, dan tetap aktif membantu mereka yang depresi pulih.Berjalan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.Hanya 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, memperkuat tulang, mengurangi kelebihan lemak tubuh, dan meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan.Aktivitas fisik tidak harus kuat atau dilakukan untuk waktu yang lama untuk meningkatkan kesehatan Anda. Berjalan-jalan tidak lebih dari membuat Anda sehat secara fisik.Ini baik untuk otak Anda karena, sebagai latihan aerobik, ini membantu mengedarkan lebih banyak darah ke otak Anda dan ke seluruh tubuh Anda.Berjalan-jalan dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda dengan: Mengurangi perasaan cemas, stres, dan depresi Bagi pria dan wanita, overexercise meningkatkan risiko cedera yang terlalu sering digunakan, seperti tendinitis dan fraktur stres.Cedera ini disebabkan oleh trauma berulang. Sistem kekebalan tubuh Anda juga bisa menderita.Sementara olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, olahraga yang berlebihan benar-benar dapat menekannya.

References :

https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/manfaat-jalan-kaki-kesehatan-mood/

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/walking-for-good-health

Sherlyn S. J., Lee Woo Jung, Novia Sari, dan Angracia