FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAH NYA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Sumber Gambar : https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20180103112420-445-266335/ada-apa-dengan-pendidikan-di-indonesia/

Pendidikan yang kurang merata di Indonesia bukan lah suatu masalah yang baru, namun masalah ini tidak kunjung tuntas. Telah banyak usaha dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini dan berusaha menjangkau setiap anak di pelosok, namun luas nya Indonesia membuat masalah ini semakin rumit. Lantas, apa saja kah faktor-faktor yang memberatkan dalam pemerataan pendidikan di Indonesia?

Faktor pertama adalah politik. Politik dapat mempengaruhi pemerataan pendidikan secara negatif, dimana pemerintah yang berjabat di periode sebelum dan sesudahnya memiliki pendekatan yang berbeda untuk mengatasi masalah ini dan akibatnya tidak ada yang tuntas. Bisa juga dikarenakan kebijakan yang telah dibuat tidak terlaksana dengan baik sebab dana sulit cair atau dikorupsi. Faktor berikutnya adalah ekonomi, dimana harga buku-buku yang mahal mempersulit masyarakat yang kurang mampu untuk belajar. Lalu ada faktor sosial, dimana kurang nya kesadaran masyarakat itu sendiri untuk menempuh jenjang pendidikan dan memilih untuk langsung bekerja. Kurang nya juga kesadaran orang-orang yang berkelebihan untuk membantu orang-orang yang kurang mampu untuk bersekolah.

Faktor selanjutnya adalah sumber daya manusia. Kurangnya kualitas dan jumlah sumber daya manusia yang terampil untuk membimbing anak-anak. Dikarenakan sumber daya manusia yang kurang mencukupi, terkadang pengajar yang belum siap pun terpaksa mengajar. Hal ini pun menyebabkan penghambatan terhadap kemajuan pendidikan di daerah tersebut.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20180103112420-445-266335/ada-apa-dengan-pendidikan-di-indonesia/

https://www.kompasiana.com/fitrikanisa/575185c5f17a61dc08899c17/esai-tiga-faktor-tidak-meratanya-pendidikan-di-indonesia

Devrel Wijaya