Tips dalam Meningkatkan Produktivitas Diri di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi kian membuat aktivitas sehari-hari banyak orang kian terhambat dan bahkan terbatas. Berbagai aturan-aturan yang berlaku selama masa pandemi kerap membuat banyak orang lebih memilih untuk tetap di rumah dalam menjalankan aktivitas mereka. Sebagian besar kegiatan dari belajar mengajar dan pekerjaan kantoran dilakukan di rumah secara online. Kebanyakan orang juga merasa takut untuk bepergian dan keluar hanya saat benar-benar dibutuhkan. Apalagi saat masa-masa awal munculnya pandemi Covid-19 membuat masyarakat kian panik dan mulai mengurung diri mereka di rumah sebagai langkah untuk pencegahan agar tidak ikut tertular.

Bahkan kebanyakan orang lebih memilih untuk melakukan belanja secara online melalui platform e-commerce yang tersedia. Aktivitas dan gaya hidup masyarakat yang sebelumnya lebih dilakukan di luar mulai secara keseluruhan dijalankan dari rumah. Hal tersebutlah yang mengarahkan pada gaya hidup masyarakat yang terbilang kurang produktif karena aktivitas yang dapat mereka lakukan terbatas. Terkadang banyak orang bersepeda untuk melepas rasa penat dan menggerakan tubuh mereka. Olahraga dan menjemur tubuh di bawah sinar matahari menjadi faktor penting agar tubuh dan pikiran tetap sehat dan mengurangi stress berlebihan akibat menetap terlalu lama di rumah.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan  produktivitas diri di masa pandemi Covid-19 :

  1. Membuat Jadwal Harian (To Do List)

Dengan membuat jadwal harian tentunya lebih dapat memudahkan kita dalam melakukan aktivitas, sebab kita bisa dapat mengetahui kegiatan apa yang akan kita lakukan selanjutnya. Jadwal Harian tersebut dapat dibuat dengan berdasarkan kegiatan kita sehari hari seperti bangun tidur, membersihkan tempat tidur, melakukan pekerjaan rumah dan pekerjaan di luar rumah, hingga waktu santai. Jadwal harian juga membuat kita dapat mengerjakan kegiatan mana yang menjadi prioritas untuk dikerjakan terlebih dahulu, sehingga dapat tertata dan selesai pada tepat waktu.

  1. Melakukan Kegiatan Olahraga

Seperti yang diketahui, dengan adanya Covid-19 ini membuat kita mengurangi kegiatan aktivitasnya diluar rumah. Hal ini tentunya membuat kita sering berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas apapun. Oleh karena itu tubuh tidak banyak melakukan pergerakan dan berakhir dengan pegal sekujur tubuh hingga terasa berat. Maka untuk dapat meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan tubuh, kita dapat menyempatkan diri untuk melakukan olahraga. Kita dapat melakukan Olahraga dengan mengikuti tutorial dari media sosial dan diiringi oleh musik yang membuat kegiatan olahraga kita lebih bersemangat.

  1. Melakukan Kegiatan untuk Merilekskan Tubuh

Masa pandemi ini membuat kita terus berdiam diri dirumah dan jarang melakukan kegiatan aktivitas di luar rumah, hal ini tentunya dapat berdampak pada diri kita. Setelah menyelesaikan pekerjaan sekolah maupun kantoran yang dilakukan dalam rumah tentunya terkadang kita butuh untuk merilekskan tubuh kita kembali. Hal yang dapat dilakukan yaitu seperti menyalurkan hobi, mendengarkan musik, bahkan tetap keep in touch dengan orang terdekat kita walaupun hanya lewat video online.

  1. Mengerjakan Pekerjaan Rumah.

Melakukan pekerjaan rumah merupakan salah satu kegiatan produktif yang dapat kita lakukan selama masa pandemi. Dengan pandemi ini, membuat kita banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Mengerjakan pekerjaan rumah yang dimaksud yaitu seperti kita membersihkan kamar tidur setelah bangun pagi, dan membersihkan ruangan yang jarang dibersihkan. Bahkan kita juga dapat mendekorasi kamar maupun ruangan lainnya agar dapat meningkatkan kreativitas dan keadaan hati kita.

  1. Tidak Terlalu Sering Bermain Media Sosial.

Dapat dikatakan dengan banyak melakukan kegiatan dirumah kita sering menghabiskan waktu untuk bermain sosial media. Untuk itu agar dapat meningkatkan produktivitas diri, sebaiknya kita dapat memberi batasan waktu dalam pemakaian media sosial. Sebagai gantinya, kita dapat memperluas pengetahuan kita dengan cara mengulang materi sekolah, dan memperbanyak waktu dalam membaca buku atau jurnal.

Oleh karena itu, jangan jadikan masa pandemi sebagai alasan untuk menetap di rumah. Ada kalanya kita sebagai manusia perlu menggerakan tubuh kita maka penting bagi kita untuk tetap produktif dan lakukanlah hal-hal kecil namun bermanfaat. Tidak lupa untuk mengkonsumsi vitamin, makan sehat dan teratur, tidur yang cukup, dan selalu patuhi 3M (Mencuci tangan, Memakai, Masker, dan Menjaga Jarak). Adakalanya dari kegiatan-kegiatan tersebut membantu untuk melepas rasa penat, bosan kita dan bahkan menjadikan tubuh kita lebih fit walau di masa pandemi ini.

 

References:

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-banjarmasin/baca-artikel/13395/Tetap-Aktif-dan-Produktif-di-Masa-Pandemi.html

Nurul Alisya Syafira dan Imelia Handyani Wijaya