Tips agar Tetap Semangat Belajar di Kala Pandemi

TIPS AGAR TETAP SEMANGAT BELAJAR DI KALA PANDEMI

Pandemi COVID-19 menyebabkan hambatan pada kegiatan sehari-harinya, terutama untuk pelajar & mahasiswa. Ditutupnya sekolah-sekolah serta kampus mengubah sistem pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi secara online dengan menggunakan video conference. Dengan munculnya imbauan stay at home yang terjadi saat ini pastinya membuat para pelajar memiliki banyak waktu di rumahnya. Hal ini menimbulkan waktu luang yang dimiliki bertambah, namun pengawasan dalam proses pembelajaran berkurang. Sehingga terbentuklah alasan bagi para pelajar untuk bermalas-malasan dan menunda-nunda waktunya untuk belajar. Sebagai contoh, pada saat mengerjakan tugas atau ujian, banyak pelajar yang tidak mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh karena mereka merasa bahwa semua tugasnya dapat dikerjakan oleh bantuan mesin pencarian, yakni Google. Pola pikir seperti inilah yang seringkali membuat seorang pelajar tidak semangat dalam belajar.

Oleh karena itu, artikel ini dibuat untuk memberikan beberapa tips kepada pelajar agar mereka tetap semangat belajar di kala pandemi saat ini. Beberapa tipsnya antara lain:

  1. Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan suatu teknik membagi waktu untuk setiap kegiatan berdasarkan prioritasnya supaya setiap hal yang dilakukan menjadi lebih efektif. Manajemen waktu sangat penting untuk dilakukan oleh pelajar supaya setiap kegiatan dapat terselesaikan dengan baik. Salah satu kegiatan yang penting ada dalam daftar kegiatan seorang pelajar adalah belajar. Daftar kegiatan yang dibuat dapat membuat pelajar lebih memiliki semangat untuk belajar dalam rangka menyelesaikan daftar kegiatannya. Selain itu, hal yang perlu untuk dihindari saat melakukan daftar kegiatan adalah kebiasaan menunda-nunda dalam beraktivitas karena kebiasaan ini dapat membuat seseorang menjadi lebih malas dan akhirnya tidak memiliki semangat lagi untuk belajar.

  1. Bentuk Grup Belajar

Grup belajar seringkali dianggap kurang penting bagi sebagian pelajar, padahal grup belajar ini cukup penting untuk membangun semangat dalam belajar. Pelajar yang memiliki grup belajar cenderung tidak cepat bosan dan memiliki semangat lebih untuk belajar. Adanya grup belajar menjadikan mereka dapat saling memberikan semangat dan bisa saling bertukar informasi saat belajar. Mencari teman untuk diajak belajar bersama juga tidak bisa sembarangan. Kita perlu mencari teman yang juga memiliki motivasi untuk belajar supaya grup yang dibuat benar-benar memiliki tujuan untuk kegiatan belajar bersama.

  1. Reward and Punishment

Reward and Punishment merupakan suatu teknik psikologi yang dimana jika seseorang berhasil melakukan suatu hal akan mendapatkan hadiah (reward) sedangkan jika ia gagal maka akan diberikan hukuman (punishment). Melakukan teknik ini dinilai sangat dapat meningkatkan semangat seorang pelajar untuk belajar dalam rangka mendapatkan reward tersebut. Sebagai contoh, kita dapat mengatur reward seperti melakukan kegiatan yang disukai dan punishment seperti menghukum diri seperti dengan menambah waktu belajar. Reward dan punishment yang sudah dibuat harus dilakukan agar kita dapat meningkatkan semangat dalam belajar.

  1. Istirahat yang Cukup

Belajar memanglah penting, namun istirahat juga merupakan hal yang penting dan harus dipenuhi agar tubuh fisik dan mental tidak mengalami masalah. Terlalu banyak belajar bukanlah hal yang bagus untuk dilakukan karena dapat mengakibatkan lelah pada tubuh dan pikiran sehingga semangat belajar pun dapat hilang. Oleh karena itu, perlu untuk melakukan istirahat yang cukup agar kita dapat menjaga kesehatan dan imun tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit terutama di masa pandemi seperti saat ini. Salah satu cara untuk mendapatkan istirahat yang cukup adalah dengan beristirahat di sela-sela waktu belajar. Kalian dapat mengatur sendiri pembagian waktu untuk belajar dan istirahat, seperti melakukan istirahat 15 menit setiap 45 menit belajar. Perlu diingat untuk tidak membagi waktu istirahat lebih lama dibandingkan waktu belajar karena dapat membuat kegiatan belajar menjadi tidak efektif.

Referensi:

https://prioritystan.com/cara-meningkatkan-motivasi-belajar-untuk-diri-sendiri/

https://bacaterus.com/tips-untuk-membangkitkan-semangat-belajar/

https://dosenpsikologi.com/teori-reward-dan-punishment-dalam-psikologi

https://accurate.id/marketing-manajemen/10-tips-manajemen-waktu/

 

Nadya Erdilia Putri, Charino Oldan, Windy Sandra, Dennes Vansius Gunawan